Hima Lingua UNAIR will hold a Community Service Program

Poster Kegiatan Pengmas HIMA Lingua UNAIR. (Foto: Istimewa)

Penulis: Nur Aina Mahfud | Editor: Rafli Noer Khairam

Himpunan Mahasiswa Magister Ilmu Linguistik (Hima Lingua), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Airlangga (UNAIR) akan menggelar program pengabdian masyarakat dengan tajuk Lingua Contribution and Dedication (LCD). Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 11 dan 25 Oktober 202 di dua tempat berbeda yakni TK Kartika IV-92 dan Pondok Pesantren yanabi’ul Ulum Wal-Hikam Surabaya.

Program pengabdian masyarakat Lingua Contribution and Dedication (LCD) menjadi wujud komitmen Hima Lingua dalam mengembangkan pemahaman linguistik dan kebudayaan dengan tetap melibatkan peran masyarakat umum. Intan Khodijatul Kubro selaku ketua pelaksana menuturkan, program LCD bertujuan untuk mengenalkan pengetahuan dan pemahaman linguistik dalam lingkup kebudayaan dan pendidikan.

“Program LCD berupaya untuk menjembatani kesenjangan antara akademisi dan komunitas sekolah dan pondok pesantren dengan mempromosikan pengetahuan dan pemahaman linguistik dalam konteks budaya dan pendidikan,” ujar Intan.

“Melalui program LCD, himpunan mahasiswa Magister Ilmu linguistik Universitas Airlangga mencoba untuk mengajak anggota-anggota komunitas untuk mengembangkan keterampilan linguistik, baik dalam segi pemahaman bahasa maupun kemampuan berbicara,” sambungnya.

Lebih lanjut, kegiatan LCD akan mencakup berbagai aktivitas seperti pengajaran bahasa serta lokakarya terkait linguistik di komunitas sekolah dan pondok pesantren. Kegiatan itu juga melibatkan kolaborasi antara anggota Hima Lingua dan komunitas lokal di wilayah Surabaya.

Di akhir, Intan juga berharap kegiatan pengabdian masyarakat Lingua Contribution and Dedication (LCD) kedepannya bisa menginspirasi dan memberikan dampak positif terhadap pemahaman ilmu linguistik sekaligus memperkuat hubungan antaranggota masyarakat melalui pengajaran bahasa.

source
https://unair.ac.id