MKSB Unair Play Journal Workshop 2023

Workshop Jurnal Lakon yang dihadiri oleh beberapa anggota

Penulis: Lady Khairunnisa A.| Editor: Ilma Arrafi Nafi’a

Jurnal Lakon kembali mengadakan workshop rutin terkait jurnal ilmiah. Kegiatan ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga pada Senin, 11 September 2023 pukul 18.30 WIB. Workshop ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa baru Magister Kajian Sastra dan Budaya 2023 terkait Jurnal Lakon. Jurnal ini dikelola oleh MKSB UNAIR dan berfokus pada bidang literary dan cultural studies.

Jurnal ini berdiri sejak tahun 2012 dan terus berkembang hingga saat ini. Terdapat beberapa scope yang menjadi bidang utama, mulai dari literature terkait literary criticism dan comparative literature. Lalu cultural studies terkait local culture dan media studies, serta multi-disciplinary terkait critical discourse analysis.

Jurnal ini aktif melakukan publikasi artikel dua kali dalam satu tahun. “Publikasi jurnal dilakukan pada Bulan November dan Juni. Karena itu, teman-teman yang hendak mempublikasi jurnal bisa melalui Lakon,” ujar Alexie selaku salah satu editor. 

Dalam workshop tersebut, turut hadir para pengurus Jurnal Lakon. Mulai dari Edi Dwi Riyanto S.S., M.Hum., Ph.D. selaku Chief Editor dan Dr. Zulidyana Dwi Rusnalasari selaku Managing Editor. Hadir juga beberapa Associate Editor yakni Abdika Taslih Amrullah, M.Hum, Alexei Wahyudiputra, M.Hum, Diaz Adrian, S.Hum serta salah satu anggota Copy Editor yakni Aidatul Fitriyah.

“Dalam proses publikasi ada beberapa tahapan. Yang pertama, editing adalah kegiatan mengubah isi secara substantif, lalu copy editing adalah mengubah isi secara teknis seperti typo dan grammar. Kemudian proofreading adalah proses finishing setelah editing, lalu yang terakhir adalah layouting sesuai template artikel,” ujar Abdika.

Acara tersebut juga membahas tentang perkembangan jurnal Lakon hingga saat ini. Dijabarkan bahwa jurnal unggulan MKSB ini telah dalam proses pengajuan menuju Scopus. “Saat ini Jurnal Lakon juga sudah melakukan proses peningkatan dengan harapan dapat menembus scopus,” ungkap Diaz.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Zulidyana juga menyampaikan bahwa saat ini Jurnal Lakon sedang membuka kesempatan bagi teman-teman Magister Kajian Sastra dan Budaya yang baru untuk bergabung dalam tim. Diakhir acara, kegiatan workshop tersebut ditutup dengan sesi foto bersama antara para mahasiswa baru MKSB dengan pengurus Jurnal Lakon.

Pencapaian ini turut mendukung FIB dalam mewujudkan SDG’s Poin 4 yakni Quality Education.

source
https://unair.ac.id