Bootcamp Mentoring IISMA 2024

Indonesian International Student Mobility Awards atau yang biasa disingkat dengan IISMA merupakan salah satu program dari Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia mengembangkan kompetensi dan pengetahuan selama satu semester di perguruan tinggi luar negeri. Melalui program ini, para mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dengan bertukar wawasan dan budaya secara internasional, serta dapat memperoleh pengalaman studi di luar negeri.

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga sebagai salah satu fakultas yang memiliki peserta lolos IISMA terbanyak dari Universitas Airlangga diharapkan dapat terus membimbing mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya untuk mengikuti IISMA dan mewakili Universitas Airlangga di kancah internasional.

Oleh karena itu, Kementerian Hubungan Luar BEM Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga berusaha untuk mewadahi mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya yang akan mendaftar IISMA dengan menyediakan mentoring bersama awardee IISMA. Program tersebut bernama

Bootcamp Mentoring IISMA yang mengambil tema “Let’s Spread Indonesian Culture and Enhance Our Knowledge through IISMA”.

Bootcamp Mentoring IISMA akan dilaksanakan dari bulan Oktober – Desember 2023. Tiap pertemuannya akan dilaksanakan di akhir pekan dan diadakan secara hybrid. Dalam program tersebut para mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya yang akan mendaftar IISMA akan dibimbing dan diarahkan oleh para awardee IISMA dari Fakultas Ilmu Budaya untuk mempersiapkan persiapan mereka seperti keperluan berkas yang diperlukan, pemilihan host university, penulisan essay yang baik dan benar, serta persiapan mock-up interview yang dibuat semirip mungkin seperti skema seleksi wawancara IISMA.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesiapan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga yang sedang mendaftar program IISMA sehingga jumlah mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga yang lolos IISMA meningkat tiap tahunnya. Selain itu, kegiatan ini diselenggarakan agar dapat menjadi wadah bagi para awardee IISMA dari Fakultas Ilmu Budaya untuk membagikan ilmu dan pengalaman yang didapat setelah mengikuti program IISMA.

source
https://unair.ac.id