Language Editing with Antara News Journalists

Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (FIB UNAIR) mengadakan program “Praktisi Mengajar: Penyuntingan Bahasa” yang menghadirkan Devi Nindy Sari, S.Hum., seorang jurnalis dari Antara News. Acara ini diadakan pada hari Selasa dan Rabu, 14-15 Mei 2024, mulai pukul 08:00 hingga 12:00 di Ruang WS Rendra, Lantai 3, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga.

Profil Singkat Devi Nindy Sari

Devi Nindy Sari Ramadhan adalah seorang alumni Program Studi Sastra Jepang tahun 2010 dan lulus pada tahun 2016. Karirnya di dunia jurnalistik dimulai pada tahun 2013 sebagai reporter dan editor di Deteksi Jawa Pos hingga tahun 2016. Selanjutnya, ia bekerja sebagai copywriter di Beautynesia.id hingga tahun 2017. Saat ini, Devi bekerja sebagai wartawan redaksi Metro, Kesra, dan Internasional di LKBN Antara.

Pengalaman dan Keahlian

Sebagai jurnalis di LKBN Antara, Devi Nindy Sari memiliki pengalaman luas dalam proses pemberitaan. Devi menekankan pentingnya kritis terhadap karya sendiri sebelum dikritik orang lain. Setiap berita harus “press klaar” atau siap terbit, berpedoman pada stylebook Antara. Proses penyuntingan berita di Antara dilakukan melalui sistem monitoring, di mana berita dikirim ke redaktur untuk disunting sebelum disiarkan.

Materi Penyuntingan Bahasa

Dalam sesi Praktisi Mengajar ini, Devi membahas berbagai aspek penyuntingan bahasa, termasuk pembuatan judul berita yang menarik dan efektif. Judul berita berfungsi “mengiklankan” berita agar menarik pembaca. Devi memberikan contoh dan panduan dalam membuat judul yang mengandung kata kerja namun tidak dimulai dengan kata kerja, serta cara menulis judul kutipan dengan benar.

Teknik Menulis Teras Berita

Devi juga membahas teknik menulis teras berita, yaitu kalimat pertama yang mengemukakan bagian terpenting dan paling menarik dari suatu berita. Teras berita harus menjawab setidaknya dua pertanyaan dari 5W+1H (Who, What, Where, When, Why, How) dan sebaiknya tidak lebih dari 35 kata.

Pemilihan Kata dan Kutipan

Selain itu, Devi memberikan panduan dalam pemilihan kata yang tepat dan menghindari pengulangan kata, penggunaan kata asing, dan ungkapan vulgar. Penggunaan kutipan langsung dalam berita juga akan dibahas, termasuk bagaimana memilih kutipan yang penting dan menarik untuk memberikan variasi dan keaslian pada berita.

Mengembangkan Kemampuan Penyuntingan

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penyuntingan bahasa dan penulisan berita yang efektif. Melalui pengalaman dan pengetahuan yang dibagikan oleh Devi Nindy Sari, mahasiswa akan mendapatkan wawasan praktis tentang dunia jurnalistik dan penyuntingan berita.

source
https://unair.ac.id