Indonesian Language and Literature Study Program Launches Poetry Anthology

Mockup buku antologi puisi penyair Bianglala “Daftar Putar Akhir Pekan”

Penulis: Syirly Aldira Syaifulloh | Editor: Ilma Arrafi Nafi’a

Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga menerbitkan buku antologi puisi oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Penulisan Puisi. Pameran buku antologi itu akan diadakan pada hari Kamis, 14 Desember 2023 yang bertepatan di depan ruangan W.S Rendra.

Buku antologi puisi bertajuk “Daftar Putar Akhir Pekan” menjadi penanda bagi 27 penyair muda, bersama tiga kurator yang mendampingi proses kreatif belia yang bisa disebut sebagai Penyair Bianglala. Melalui kerja keras bersama, penyair Bianglala berhasil mewujudkan sebuah buku puisi di masa akhir tahun 2023.

Melalui epilog, Nanda Alifyah Rahmah sebagai salah satu kurator menyebutkan bahwa puisi “Daftar Putar Akhir Pekan” yang dipilih sebagai judul antologi menawarkan jagat semiotik sederhana antara lagu-puisi-hidup keseharian. Mengawinkan teks lain, sebuah lirik, Fish in The Water, dengan aktivitas muram hari-hari biasa.

“Di antara ‘suara’ lagu itu, puisi-puisi lain yang mengusung tema lanskap kota tampil dominan. Puisi-puisi ini seolah bayangan yang menuntut pembaca menoleh pada pesan lain, suara di bawah gelombang utama yang barangkali justru mengantar pada kronik sesungguhnya,” ungkap Nanda.

Dalam antologi “Daftar Putar Akhir Pekan”, relasi puisi dan lirik lagu menarik dicermati sebagai salah satu pintu kemungkinan. Lagu dan hal-hal seputar itu muncul beberapa kali dalam puisi-puisi yang ditulis oleh penyair Bianglala. Didominasi dengan warna biru tua yang didalamnya terdapat 150 sajak dengan 220+ halaman ini bisa dibeli melalui tautan: https://linktr.ee/syair.bianglala.

Kegiatan penerbitan buku ini mendukung Fakultas Ilmu Budaya dalam mewujudkan SGD’s poin 4 yakni Quality Education.

source
https://unair.ac.id