FIB UNAIR Launches New Program 'Humanicast'

Penulis: Lady Khairunnisa Adiyani | Editor: Jihan Rafifah Mahdiyyah

Inovatif dan kreatif menjadi budaya yang tak boleh alpa dalam program kerja Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga. Apalagi terkait personal branding dan pemasaran. Belum lama ini, Fakultas Ilmu Budaya merilis sebuah podcast yang berbicara tentang keseharian mahasiswa, dosen, dan civitas akademik FIB UNAIR, dengan sebutan ‘Humanicast’.

FIB merilis podcast pertamanya di Youtube tanggal 17 Oktober 2023 dengan mengundang Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Prof Dr Purnawan Basundoro SS M Hum, sebagai bintang tamu pertama.

Prof Dr Purnawan Basundoro SS M Hum mengatakan seri Humanities Podcast alias Humanicast itu dilatarbelakangi kebanyakan orang mengenal ilmu budaya sebagai humaniora. Sekaligus, nama itu juga mudah diingat.

Dalam unggahan podcast tersebut, beliau bercerita tentang perjalanan menjadi mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya mulai dari perkuliahan sampai hari ini beliau sebagai dekan. Selain itu juga membahas mengapa fakultas menjajaki dunia podcast dan bagaimana keberlanjutan program nantinya.

Baginya, ini bukan sekedar podcast, tetapi platform yang bisa digunakan untuk mendokumentasikan berbagai hal terkait kebudayaan. Sebagai mahasiswa budaya, media ini juga harus dimanfaatkan dalam berkarya. “Media ini akan menjadi data base kebudayaan karena ini direkam dan bisa ditonton siapapun. Suatu saat, kalau ada yang butuh informasi budaya, bisa dengan menonton podcast ini”,ujar Prof Purnawan.

Selain itu, Prof Purnawan kedapatan membawa buku karyanya sendiri berjudul ‘Pengantar Kajian Sejarah Ekonomi Perkotaan Indonesia’, dalam podcast tersebut. Sengaja ia bawa sebab ingin menularkan kebiasaan menulis  kepada penonton tak lain mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya. Bahkan, beliau akui bahwa hobi itu kini telah menjadi sebuah hiburan tersendiri untuknya.

Pada episode kali ini pun, Dekan Fakultas Ilmu Budaya dan Lady Khairunnisa selaku Host bermain game berjudul Buka Kartu Fakultas Ilmu Budaya. Lady memberi pertanyaan secara acak kepada Prof Purnawan. Dan Ia juga sempat memberi clue kalau podcast ini penuh dengan ide kreatif.

Benar saja, pada permainan itu, Prof Purnawan mendapat tantangan menampilkan satu karya seni bebas secara on the spot. Namun, beliau menerima tantangan itu dengan mempersembahkan parikan bahasa Jawa:

Tuku bensin neng Dharmahusada

Ayo nabung kanggo sangu jalan-jalan ndek kota

Ayo rek nek pengen bahagia

Ayo gabung podcast Fakultas Ilmu Budaya

Simak keseruannya dalam seri podcast Humanicast! Program ini akan tayang selama dua minggu sekali, setiap Selasa, melalui channel Youtube FIB UNAIR.

source
https://unair.ac.id