LPM SITE Holds Basic Level Journalism Training 2023

LPM SITUS akan mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) pada tanggal 18 November 2023, bertempat di Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Kampus Dharmawangsa-B, Universitas Airlangga.

Dalam rangka turut serta mewujudkan mutu jurnalisme yang berkualitas, LPM SITUS berupaya aktif terlibat dalam memunculkan jurnalis-jurnalis berintegritas. LPM SITUS menawarkan diselenggarakannya Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang terbuka bagi seluruh mahasiswa Universitas Airlangga dan kalangan umum. PJTD atau Sekolah Jurnalistik bertujuan untuk menghidupkan semangat jurnalisme di kalangan mahasiswa dan anak muda.

Jurnalisme memiliki peran krusial dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Namun di era modern saat ini, media pers bukan lagi menjadi satu-satunya media penyedia informasi. Banyaknya sumber penyedia informasi di media sosial yang secara hukum tidak terikat dengan kode etik jurnalis yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kredibilitas informasi. Penyampaian informasi yang mencerdaskan publik di tengah banyaknya informasi simpang siur menjadi salah satu tanggung jawab seorang jurnalis. Dengan hal tersebut, mutu jurnalisme harus turut ditingkatkan.

Masyarakat, khususnya kalangan muda terpelajar perlu ikut serta dalam mewujudkan mutu jurnalisme yang berkualitas. Namun, bukan hanya masyarakat dan anak-anak muda sebagai penerima informasi bukan satu-satunya pihak yang berperan. Media pers selaku penyaji informasi harus  selalu menyajikan berita dan informasi yang bermutu, bukan berita palsu dengan judul clickbait dan sensasional. Media pers sebagai media profesional harus berpegang teguh berpihak pada kebenaran dan setia melayani kepentingan publik.

Mengusung tema “Jurnalis Mahasiswa dan Langkah Awal Menjadi Jurnalis”, berharap agar dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan SDM yang ada tentang jurnalistik. Selain itu, program ini sebagai wujud tanggung jawab LPM SITUS dalam memfasilitasi mahasiswa dalam bidang jurnalisme dengan bekal keilmuan yang memadai. Demi mewujudkan hal-hal tersebut, LPM SITUS turut mendatangkan pemateri yang andal dalam bidang jurnalisme, yakni Kukuh Wibowo yang merupakan seorang jurnalis Tempo dan Delta Nifsyu Sya’ban yang merupakan pimpinan redaksi LPM Siar Universitas Muhammadiyah Malang.

Penulis : Syifa Rahmadina

source
https://unair.ac.id