Adkesma BEM FIB Holds Student Forum Again

Potret acara Forum Mahasiswa tahun 2022
Penulis: Pipit Puspitasari | Editor: Ilma Arrafi Nafi’a

Kementerian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (UNAIR) bersiap menggelar acara Forum Mahasiswa yang dihadiri oleh pihak Dekanat beserta jajarannya dan seluruh komunitas, BSO, Ormawa FIB serta mahasiswa FIB pada Kamis (14/9/2023) mendatang. Forum Mahasiswa merupakan wadah mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya untuk menyampaikan aspirasinya kepada pihak fakultas dan langsung memperoleh tanggapan langsung dari pihak dekanat yang hadir. Forum Mahasiswa juga merupakan program kerja tahunan dari Kementerian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa yang mana menjadi kegiatan yang ditunggu oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya setiap tahunnya.

Sebelum dilaksanakannya Forum Mahasiswa dari pihak Kementerian Adkesma membuat jaring aspirasi berupa google form untuk diisi oleh Ormawa, BSO, dan Komunitas serta mahasiswa umum FIB dengan rentang waktu tiga minggu. Selain berupa jaring aspirasi Kementerian Adkesma juga mengadakan pertemuan offline bentuknya berupa hearing untuk ORMAWA, BSO, dan Komunitas pada Senin (14/8/23).

Dalam penjaringan yang dilakukan didapatkan permasalahan berupa respon kinerja dari hotline fakultas dan akademik yang sangat kurang. Hal tersebut didukung dengan adanya acara Banding UKT semester gasal kemarin. Mahasiswa FIB mengeluh dengan respon pihak fakultas dan akademik yang kurang dimana rentang waktu untuk melakukan Banding UKT tergolong sangat singkat.

Adanya Forum Mahasiswa ini dapat menjadi wadah untuk mencari solusi dari permasalahan yang dikeluhkan mahasiswa sehingga antara mahasiswa dengan pihak fakultas terjadi hubungan yang baik yang mana tidak berat sebelah atau menguntungkan salah satu pihak saja.

Pencapaian ini turut mendukung FIB dalam mewujudkan SDG’s Poin 4 yakni Quality Education.

source
https://unair.ac.id