PPK Ormawa X Abipraya HMD Indonesian Language and Literature Program 2023 Officially Opens in Sidorejo Village, Blitar

Tim PPK Ormawa HMD Bahasa dan Sastra Indonesia Berfoto dengan Perangkat Desa Sidorejo

Penulis : Sri Wahzuni | Editor: Ilma Arrafi Nafi’a

Senin (17/7) Tim PPK Ormawa HMD Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga X Abipraya Sasindo resmi membuka kegiatan yang bertajuk “Youth Action For Smart Village” di Kantor Desa Sidorejo, Blitar.

Pembukaan ini dihadiri oleh  pembina HMD Bahasa dan Sastra Indonesia, Perangkat Desa Sidorejo, dan beberapa organisasi masyarakat termasuk Karang Taruna, GP Ansor, Fatayat, Pengurus Perpustakaan, Pengurus Bumi Desa, dan mahasiswa KKN Universitas Brawijaya.

Kegiatan ini mendapat sambutan baik serta dukungan dari perangkat desa setempat, termasuk Kepala Desa Sidorejo, Sukamto. Ia mengungkapkan bahwa masyarakat Sidorejo menyambut baik kedatangan mahasiswa UNAIR dan siap bekerjasama dalam menjalankan program pojok  literasi tersebut.

Melihat kondisi Desa Sidorejo yang memiliki banyak potensi, Tim PPK Ormawa HMD Bahasa dan Sastra Indonesia X Abipraya berinisiatif mendirikan Lima Pojok sebagai bentuk inovasi dan gagasan yang dibawa yaitu Pojok Bimbel dan Dongeng, Pojok Kewirausahaan, Pojok Kesehatan, Pojok Keagamaan dan Kewarganegaraan serta Pojok Kebudayaan dan Kesenian.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan layanan pengetahuan, informasi, dan keterampilan kepada masyarakat yang dari kompetensi tersebut dirancang dan dikembangkan sebagai pusat pendidikan masyarakat yang berada di desa/kelurahan yang kemudian disebut dengan Pojok-Pojok Literasi.” Tutur Wike Wijayanti selaku Ketua Pelaksana PPK Ormawa X Abipraya 2023.

Kegiatan ini tentunya melibatkan seluruh masyarakat dengan memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat. “Untuk Pojok-Pojok Literasi nantinya akan disesuaikan dengan minat dan keadaan yang ada pada masyarakat desa/kelurahan.” Tutup Mahasiswa Angkatan 2021 itu.

Kegiatan ini turut mendukung FIB dalam mewujudkan SDG’s Poin 4 yakni Quality Education, Poin 11 Sustainable Cities and Communities, serta Poin 17 yakni Partnership for The Goals.

source
https://unair.ac.id