FIB UNAIR Accepts Inbound Students from Kasetsart University

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (UNAIR) menerima kedatangan mahasiswa Inbound dari Kasetsart University selama satu bulan, mulai dari 12 Februari 2024 hingga 1 Maret 2024. Selama periode satu bulan tersebut, FIB UNAIR mengadakan berbagai kegiatan menarik, antara lain tur kota, pelatihan karawitan, tur kampung kota, pelatihan membuat batik ekoprint, tur ke Trowulan, dan tur ke Banyuwangi bersama Fikkia Universitas Airlangga.

Hari pertama kegiatan diwarnai dengan sambutan hangat dari tim perwakilan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga. Kemudian, mereka melakukan tur kampus mulai dari Kampus A, Kampus B hingga Kampus C.

Mahasiswa dari Kasetsart University juga mengikuti berbagai kuliah yang menarik, seperti Pengenalan Asia Tenggara, Pengenalan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing, Hubungan Jepang dan Asia Tenggara, Sejarah Kesehatan, dan Studi Musik Indonesia.

Projek Pengembangan Potensi Mahasiswa di Bidang Bahasa dan Budaya di Luar Negeri

Kegiatan ini merupakan proyek pengembangan potensi mahasiswa di bidang bahasa dan budaya di Kasetsart University. Fakultas Ilmu Budaya dipilih karena dalam waktu dua tahun ini, FIB UNAIR dan Kasetsart University mempunyai hubungan yang sangat baik.

Proyek tersebut mendorong mahasiswa untuk belajar di luar ruang kelas, tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Proyek ini diselenggarakan untuk mahasiswa yang sedang belajar dalam kelompok mata kuliah Sosial dan Budaya.

Proyek Pertama: Republik Indonesia
Untuk proyek pertama, Kasetsart University melakukan perjalanan ke Republik Indonesia yang dipimpin oleh Asisten Profesor Dr. Lalita Hanwong, Ketua Proyek Asia, bersama dengan dosen yang bertanggung jawab atas proyek ini.

Penyelenggaraan proyek ini bertujuan agar mahasiswa dapat belajar dan berlatih keterampilan komunikasi. Mempelajari pengetahuan akademik dan budaya, serta mendapatkan pengalaman dari mengikuti kelas dan berbagai kegiatan. Termasuk dalam rangkaian kegiatan adalah memahami potensi dan masalah Republik Indonesia. Sebagai tambahan, proyek ini juga bertujuan untuk mengembangkan kepribadian dan adaptabilitas mahasiswa di lingkungan dengan budaya dan bahasa yang berbeda. Dan yang paling penting, Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Kasetsart akan melakukan kerja sama akademik dengan Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga (UNAIR) di masa depan.

Semua ini adalah upaya kami untuk memberikan pengalaman yang berharga kepada mahasiswa asing dalam mengenal budaya dan kekayaan Indonesia. Kami berharap kegiatan ini dapat membuka wawasan dan mempererat hubungan antarbangsa, serta menjadi fondasi untuk kerja sama akademik yang lebih luas di masa depan.

source
https://unair.ac.id