Kastrat opens free pulpit with human rights theme

Penulis: Savina Rizky Hamida

Dilaksanakan pada Sabtu, 25 November 2023 mimbar bebas merupakan bagian dari program kerja Demonstrasi yang ingin membuat sesuatu yang berbeda dengan memberi panggung untuk berekspresi mengenai segala keresahan soal tragedi HAM berat di Indonesia. Dilaksanakan bertempat di Amphitheater Kampus B dengan mengundang dan menampilkan pula beberapa pertunjukan pembuka seperti, monolog dan pembacaan puisi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa, terutama mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga untuk peduli dan tidak lupa pada tragedi-tragedi pelanggaran HAM berat di Indonesia yang selama ini tidak diketahui banyak orang. Di dalam acara ini juga akan menyertakan kegiatan diskusi untuk bertukar pikiran sebagai mahasiswa yang menjadi civitas akademika.

Selain itu, setelah selesai sesi diskusi akan dilanjutkan dengan sesi utama, yaitu mimbar bebas. Dalam sesi ini akan dibuka dan ditunjukkan kepada para peserta untuk maju ke mimbar utama untuk menampilkan berbagai penampilan seperti, orasi, pembacaan puisi, musikalisasi puisi, pantomim, dan masih banyak lagi.

Selanjutnya akan digelar penyalaan lilin dan tabur bunga sebagai aksi simbolis untuk menghormati para korban pada tragedi HAM. Setelah itu, dilakukan doa bersama dan penutupan.

source
https://unair.ac.id