FIB UNAIR Receives a Visit from UIN Syarif Hidayatullah

Foto bersama pada akhir acara kunjungan

Surabaya, 14 November 2023 – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (UNAIR) kedatangan tamu istimewa dari Program Studi Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam (MSKI) serta Program Studi Magister Bahasa dan Sastra Arab UIN Syarif Hidayatullah. Pertemuan ini berlangsung di Ruang Chairil Anwar dan melibatkan Dekan FIB UNAIR Prof. Purnawan Basundoro, Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Dr. Listiyono Santoso, Ketua Satuan Penjaminan Mutu Dwi Anggoro Hadiutomo, Ph.D., dan Koordinator Program Studi (Kaprodi).

Purnawan Basundoro membagikan informasi menarik tentang pembentukan program studi terbaru di FIB UNAIR, yaitu S3 Ilmu Humaniora. Program studi ini resmi berdiri tiga bulan yang lalu setelah dikeluarkannya Surat Keputusan (SK). “Kami langsung mengajukan pembukaan pendaftaran ke Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UNAIR setelah SK tersebut turun,” jelas Purnawan.

Prof. Diah Ariani Arimbi, Kaprodi S3 Ilmu Humaniora, menambahkan bahwa Ide pendirian S3 di FIB UNAIR sudah ada sejak 10 tahun yang lalu dan baru terealisasi baru-baru ini. Pendaftaran S3 Ilmu Humaniora sendiri akan tetap dibuka setiap bulan hingga Januari 2024.

Kunjungan dari UIN Syarif Hidayatullah bertujuan untuk berbagi pengalaman terkait pendirian program studi doktoral atau S3. Purnawan berharap pertukaran informasi ini dapat memberikan bekal berharga bagi UIN Syarif Hidayatullah dalam menyusun rencana pendirian program studi doktoral mereka.

Dalam suasana akrab, para delegasi dari UIN Syarif Hidayatullah menyampaikan harapan agar kunjungan ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih mendalam, serta membantu dalam proses pengajuan pendirian program studi doktoral di kampus mereka. Kedua institusi berharap kerjasama ini akan menjadi langkah awal yang positif menuju pertukaran ilmu pengetahuan yang lebih luas di masa depan.

Penulis: Muhamad Rohman Obet

source
https://unair.ac.id