Sasindo Student Specializing in Linguistics Participates in Fast Track 2023

Talitha Afifah, Mahasiswi Bahasa dan Sastra Indonesia yang Lolos Program Fast Track FIB 2023

Penulis : Lady Khairunnisa  | Editor: Ilma Arrafi Nafi’a

Fast track merupakan program percepatan kuliah antara S1 dan S2. Proses seleksi fast track di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga pada dasarnya tidak terlalu rumit. Syaratnya ialah IPK yang ditempuh di semester 6 dengan capaian 110 sks harus >3.50 dan nilai elpt >475 kemudian peserta akan mengikuti seleksi tahap wawancara.

Salah satu mahasiswi yang berhasil melewati proses seleksi fast track adalah Talitha Afifah. Dia menjelaskan bahwa terdapat beberapa persiapan yang ia lakukan dalam pencapaian tersebut.

“Persiapan yang saya lakukan adalah mengurus berkas-berkas, seperti surat rekomendasi dari kaprodi, foto KTM, sertifikat ELPT, surat pernyataan mengikuti program fast track, dan surat kesanggupan. Adapun untuk wawancara, saya hanya mempersiapkan rancangan skripsi S1″.

Alasannya mengambil MKSB adalah karena jurusan ini linier dengan jurusannya, yaitu Bahasa dan Sastra Indonesia. Oleh karena itu, dia yakin dapat menempuh S1 dan S2 dengan baik di jurusan tersebut.

“Cita-cita saya ingin menjadi dosen. Maka dari itu dengan mengikuti program ini merupakan salah satu kesempatan emas saya untuk dapat meraih cita-cita. Selain itu, saya juga ingin memperdalam ilmu yang linier dengan S1.” Jelasnya mengenai alasan memilih fast track.

Talitha juga mengungkapkan perasaan bersyukurnya karena telah berhasil menjadi salah satu mahasiswa fast track. Mahasiswi Angkatan 2020 ini merasa senang dan kaget karena fast track seringkali disebut program uji nyali.

“Tapi bukan masalah bagi saya, karena keluarga saya terus men-support saya. Saya juga berharap dengan mengikuti program fast track saya dapat mengeksplorasi dan meningkatkan kualitas diri”. Ungkapnya.

Ia juga berpesan bagi Mahasiswa FIB untuk selalu semangat belajar, tidak bermalas-malasan. “Walaupun aktif di organisasi atau kepanitiaan usahakan nilai akademik kalian tetap aman”. Tutupnya.

Pencapaian ini turut mendukung FIB dalam mewujudkan SDGs Poin 4 yakni Quality Education.

source
https://unair.ac.id