HIMA EDSA Holds ELPT Preparation Program

FIB NEWS – Himpunan mahasiswa program S1 Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga atau yang juga dikenal sebagai EDSA (English Department Student Association) sukses gelar program ELPT Preparation. Kegiatan itu ditujukan untuk seluruh mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR).

ELPT Preparation sendiri merupakan salah satu program kerja yang dimiliki oleh HIMA EDSA. Program yang berlangsung pada 13 – 25 Juli 2024 itu, dibuat dengan tujuan untuk membantu para mahasiswa UNAIR yang masih memiliki kesulitan dalam mempersiapkan tes ELPT mereka. Tidak hanya dikhususkan untuk mahasiswa yang ingin mengulang tes, program ELPT Preparation itu juga dapat diikuti oleh para mahasiswa baru yang akan melakukan tes mereka sebelum diterima secara resmi sebagai mahasiswa UNAIR. 

Dilaksanakan melalui zoom meeting, program ELPT Preparation tersebut telah dirancang sedemikian rupa agar bisa mewadahi dan membantu para mahasiswa UNAIR mempelajari tes ELPT dengan cakupan yang lebih besar, dan melalui cara yang lebih fleksibel. Selama program, peserta dibagi menjadi beberapa kelas kecil untuk memaksimalkan pengalaman belajar dan interaksi antar peserta dan tutor yang ada. Tidak hanya diberikan tips untuk setiap bagian yang ada pada tes ELPT, program ini juga dilengkapi dengan latihan soal, begitu pula dengan masukan dan arahan langsung dari para tutor berpengalaman yang telah dipilih secara seksama. 

Pada awal dan akhir program, peserta diberikan simulasi tes ELPT beserta hasilnya guna membandingkan kemampuan mereka sebelum dan sesudah program pembelajaran dilakukan. Sedangkan selama periode program, peserta diperbolehkan untuk bertanya langsung pada tutor di luar jam kelas untuk memberikan umpan balik secara lebih personal. Lebih lanjut lagi, bagi para  peserta yang berhalangan hadir saat jam kelas, tidak perlu khawatir karena materi pembelajaran dan recording zoom akan dibagikan untuk menunjang pembelajaran peserta.

Aurania Eka, mahasiswi program studi S1 Bahasa dan Sastra Inggris, juga selaku penanggungjawab program ELPT Preparation menjelaskan, bahwa ia sendiri turut serta terlibat dalam keseluruhan program. Mulai dari perencanaan acara, pemilihan tutor, mengawasi jalannya acara, hingga mencari soal-soal latihan terstandar agar dapat membantu peserta menjadi lebih familiar terhadap struktur maupun sistem tes ELPT yang akan mereka hadapi nanti.

Meski interaksi dan antusias peserta kurang dapat dirasakan akibat rangkaian acara yang dilakukan secara daring, namun perkembangan hasil pre-test dan post-test tiap peserta program ELPT Preparation kali ini dapat dibilang memuaskan. Sebagai ketua pelaksana sendiri, Aurania berharap bahwa melalui adanya program ini, para mahasiswa UNAIR dapat terbantu dalam meningkatkan hasil tes ELPT mereka di kemudian hari.

“Kalau maba (mahasiswa baru) kan enak, jika lulus tidak perlu mengulang tes lagi. Sedangkan untuk mahasiswa yang lama bisa langsung yudisium,” tutup Aurania.

source
https://unair.ac.id