Bradanaya 2024: Digging into Cultural Roots, Sowing Creativity

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (FIB UNAIR) dengan bangga dan antusias menyambut para mahasiswa baru melalui pekan Bersatu dalam Wahana Budaya (BRADANAYA). Kegiatan ini merupakan rangkaian orientasi mahasiswa baru yang akan diselenggarakan pada 21-23 Agustus 2024, dengan mengusung tema Adhiluhung ing pancadharma: Lokalitas dalam Budaya yang memiliki arti pengangkatan budaya lokal yang luhur. 

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diketuai oleh Kasandra Putri Azizah. Pemilihan tema “Adhiluhung Ing Pancadharma” ini, menurutnya, merupakan harapan dan upaya mahasiswa FIB dalam merawat budaya pada ruang-ruang kultural yang dinamis. 

“Konsep tahun ini lebih menekankan kepada budaya, sehingga kegiatan-kegiatan yang nantinya kami sajikan juga seputar hal tersebut, pastinya tetap mengedukasi, menginspiratif,” terang Sandra.

Tak kalah dengan tahun-tahun sebelumnya, BRADANAYA 2024 telah menyiapkan serangkaian kegiatan yang bermanfaat bagi para mahasiswa baru, terutama terkait kehidupan kampus. Dan tentu tak luput dari konsep menjunjung kebudayaan, layaknya tema pada BRADANAYA kali ini.

Hari pertama, merupakan pra-Bradanaya. Kegiatan ini sebagai awal pengenalan mahasiswa baru terhadap masa orientasi yang akan mereka jalani di tingkat fakultas, sehingga mahasiswa dapat mulai mempersiapkan diri untuk hari selanjutnya. Tak hanya itu, BRADANAYA tahun ini juga berusaha mengasah pemikiran mahasiswa baru agar lebih kreatif, inovatif, dan kolaboratif dengan mengadakan kegiatan FGD pada serangkaian acara.

Selain itu, Acara talkshow oleh mawapres dan alumni dari Univeritas Kazan Rusia juga diadakan pada hari kedua dengan harapan dapat menginspirasi mahasiswa baru. Terakhir, terdapat artshow BSO dan komunitas serta penampilan dari para mahasiswa baru sebagai penutup BRADANAYA tahun ini.

Bradanaya yang selama ini menjadi gerbang awal petualangan bagi mahasiswa baru, tentu harus mampu beradaptasi sesuai zaman. Inovasi-inovasi baru semestinya terus dilakukan. Pada tahun ini, Sandra mencetuskan Bakti Satyamuda sebagai gebrakan baru di BRADANAYA. Bakti Satyamuda adalah program kolaborasi antara BEM Fakultas Ilmu Budaya, para BSO, dan Komunitas di FIB berupa magang, dengan tujuan memberdayakan kembali eksistensi BSO dan komunitas di Fakultas Ilmu Budaya. Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi upaya dalam regenarasi BSO dan komunitas sesuai dengan SDG’s poin ke-17 yakni berkolaborasi untuk mencapai tujuan.

The post Bradanaya 2024: Menggali Akar Budaya, Menyemai Kreativitas appeared first on Fakultas Ilmu Budaya.

source
https://unair.ac.id