S2 Kajian Sastra dan Budaya UNAIR Raih akreditasi “UNGGUL”

Program Studi Magister Kajian Sastra dan Budaya (MKSB) Universitas Airlangga (UNAIR) meraih prestasi dengan memperoleh akreditasi “UNGGUL” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), seperti yang diumumkan dalam Surat Keputusan pada tanggal 11 Juni 2024. Hal ini merupakan bukti komitmen MKSB UNAIR dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran, terutama dalam menghadapi tantangan pandemi. Dr Listyono Santoso SHum MHum, Wakil Dekan Akademik FIB UNAIR, menegaskan bahwa selama lima tahun terakhir, program ini terus berupaya untuk memperbaiki standar pendidikan, termasuk dengan pendampingan penulisan jurnal internasional dan program percepatan lulusan.

Integrasi antara penelitian, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat juga menjadi fokus utama MKSB UNAIR, dengan tujuan mendapatkan akreditasi internasional sesuai standar global di bidang sosial dan humaniora. Listyono juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas pengajaran dan pengembangan metode pembelajaran yang inovatif. Oleh karena itu, MKSB UNAIR bertujuan untuk melahirkan lulusan yang siap berkompetisi di berbagai profesi, seperti akademisi, peneliti, kurator kebudayaan, dan content writer.

Dengan pencapaian tersebut, MKSB UNAIR tidak hanya mempersiapkan lulusan yang kompeten secara akademis tetapi juga dibekali soft skill yang diperlukan untuk sukses dalam industri kreatif. Harapannya, kontribusi dari program ini akan memberikan dampak positif pada pemajuan kebudayaan dan kesusastraan baik di Indonesia maupun internasional, meningkatkan pengakuan dan reputasi MKSB UNAIR di tingkat nasional dan global.