2024 Cultural Festival: Airlangga Panji Festival Registration Opens

Poster Airlangga Panji Festival

FIB UNAIR Rangkaian Festival Budaya 2024 telah dimulai. Acara tahunan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (BEM FIB UNAIR) tersebut resmi membuka pendaftaran salah satu rangkaian acaranya yakni Airlangga Panji Festival. Pada Minggu (11/8/2024), laman Instagram Festival Budaya @fesbud.fibunair mengunggah poster pendaftaran Airlangga Panji Festival.

Festival Budaya 2024 berbeda dengan Festival Budaya pada tahun-tahun sebelumnya. Cahya Surya Laksana Gunawan selaku ketua pelaksana Festival Budaya 2024 membawa tema besar Abimatrana Panji Nusantara. 

Mahasiswa yang akrab dipanggil Surya itu mengungkap bahwa Festival Budaya 2024 akan bernuansa kisah panji yang spesifik tergambar pada relief Candi Penataran. Menurutnya, kisah panji merupakan salah satu warisan budaya yang perlu dibanggakan dan dilestarikan. Oleh karena itu, ia mengusung kisah panji dalam perlombaan seni pertunjukkan Airlangga Panji Festival. 

Latar Belakang APF

Airlangga Panji Festival merupakan perlombaan seni pertunjukkan tari, drama, dan musik yang menyasar pelajar SMA/SMK/Sederajat se-Jawa Timur. Perlombaan tersebut akan dilaksanakan pada November mendatang, tepatnya Sabtu (16/11/2024). 

Berdasarkan pemaparan dari ketua pelaksana Festival Budaya 2024, Airlangga Panji Festival berangkat dari pengalamannya yang sering mengikuti lomba serupa saat berada pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Namun sangat disayangkan, perlombaan seperti itu sudah jarang ditemukan.

“Sebenarnya APF ini berdasarkan background kesenianku dulu sih, jadi dulu ketika SD, SMP, hingga SMA aku beberapa kali ikut lomba seperti ini. Model lomba seni pertunjukan yang  mengolaborasikan drama, tari, dan musik. Lalu aku melihat, kok saat ini jarang banget ada lomba seperti itu. Jadi, aku mencoba menghadirkan memori-memori yang dulunya sebagai peserta, sekarang mencoba jadi penyelenggara,” ujarnya.

Harapan untuk APF

Bersamaan dengan pemaparan terkait latar belakang Airlangga Panji Festival, Surya mengatakan telah mengupayakan sebaik mungkin persiapan kegiatan bersama dengan panitia-panitia lain yang terkait, mulai dari perizinan, strategi promosi, jobdesk panitia, hingga mekanisme kegiatan. Surya berharap Airlangga Panji Festival berjalan lancar sehingga dapat memberikan timbal balik positif bagi semua pihak.

“Harapannya semua dapat berjalan sesuai rencana dan sesuai ekspektasi kami bersama. Tentunya APF ini dapat sukses memberikan hiburan bagi masyarakat, memberikan pengalaman dan meningkatkan jiwa kompetitif bagi peserta, meningkatkan soft skill bagi panitia, dan memperluas branding bagi Fakultas Ilmu Budaya,” pungkasnya.

Penulis: Selly Imeldha

source
https://unair.ac.id