Urban Heritage Trip (UHT)

foto Kota Lama Surabaya.

Penulis : Kezia Elcamarie

Hiruk-pikuk Kota Surabaya yang merupakan kota metropolitan kedua setelah Jakarta, tidak menenggelamkan sejarah panjang kota Surabaya. Sebagai kota yang memiliki julukan kota pahlawan dan menyimpan banyak sekali sejarah menarik didalamnya. Beberapa wilayah di kota Surabaya menjadi saksi bisu tentang perjalnan panjang sejarah kota Surabaya. Sehingga, banyak pendatang lokal maupun mancanegara datang untuk menyaksikan susasana dan bangunan kuno peninggalan dalam sejarah di Kota Surabaya

Dalam kesempatan kali ini Kementrian Seni dan Budaya BEM FIB UNAIR Kabinet Brahmastra mengajak mahasiswa baru Fakultas Ilmu Budaya, khusunya yang berasal dari luar Kota Surabaya untuk ikut menjelajah waktu pada zaman dahulu dengan mengunjungi tempat antik di Kota Surabaya. Tempat yang dituju adalah Kota Lama Surabaya dan kampung Peneleh.

Kota Lama Surabaya mungkin terdengar cukup asing, karena peresmian wisata ini baru terjadi pada bulan Juli 2024. Meskipun merupakan wisata heritage yang baru, tetapi Kota Lama Surabaya memiliki suasana yang tak kalah indah dan cukup dapat memebuat kita bernostalgia pada zaman dahulu. Sedangkan Kampung Peneleh merupakan wisata yang mungkin sudah sangat familiar. Mungkin yang terkenal dari wilayah ini adalah proklamator kemerdekann Indonesia dulu pernah “Kos” disini yaitu Ir. Soekarno sehingga kampung ini terkadang disebut “kampung Soekarno”.

Pelaksanaan Urban Heritage Trip akan diadakan pada 5 Oktober 2024. Rencananya pelaksanaan ini akan dimulai dari pagi yaitu pukul 07.00 hingga 14.00 WIB. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lebih dekat dengan warisan sejarah di Kota Surabaya itu. Diharapkan kegiatan ini menjadi pengalaman yang mengesankan, khususnya bagi para maba yang berasal dari luar Kota Surabaya.

source
https://unair.ac.id