Stories of New Students Receiving UNAIR Golden Tickets

Pada episode terbaru Humanicast, podcast resmi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (FIB UNAIR), host Asila Riska berbincang dengan Margareza Dwi Wahyuni, seorang mahasiswi baru FIB penerima Golden Ticket dalam kegiatan Airlangga Education Expo (AEE). Diskusi kali ini mengupas tuntas tentang Golden Ticket UNAIR, yang menjadi perbincangan hangat beberapa waktu lalu.

Golden Ticket: Kesempatan Emas Masuk UNAIR

Margareza, atau yang akrab disapa Reza, merupakan mahasiswa baru Program Studi Sastra Indonesia angkatan 2023. Ia mengungkapkan bahwa informasi mengenai Golden Ticket pertama kali ia peroleh dari seorang narasumber dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA-nya. Golden Ticket ini merupakan bagian dari AEE yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk langsung diterima di Universitas Airlangga melalui jalur SNBP.

Reza juga menceritakan bahwa informasi mengenai Golden Ticket tidak disosialisasikan secara resmi oleh sekolahnya. Justru, inisiatif siswa-siswi sendiri untuk mencari tahu lebih lanjut tentang program tersebut sangat diperlukan. Ia menambahkan bahwa mendapatkan Golden Ticket tidak mudah dan memerlukan prestasi yang luar biasa, seperti menjadi ketua OSIS atau memiliki sertifikat internasional yang relevan.

Pengalaman Selama Enam Bulan di FIB UNAIR

Setelah enam bulan menjadi mahasiswa FIB, Reza berbagi pengalaman mengenai adaptasi di lingkungan baru. Ia mengakui bahwa ada tantangan besar yang harus dihadapi, seperti culture shock dan beban akademis yang ternyata lebih berat dari ekspektasinya. Meski demikian, Reza merasa senang dengan berbagai kegiatan yang ada di kampus. Ia bergabung dengan komunitas teater di FIB, yaitu Teater Gampus. Teater sendiri telah menjadi tempatnya menyalurkan minat dan bakat di bidang seni peran sejak SMP.

Reza juga berbagi tentang proses pendaftaran Golden Ticket yang memerlukan pengumpulan prestasi dalam format yang tepat. Meski sempat mengalami kesulitan karena kesalahan format, ia tetap optimis dan akhirnya berhasil mendapatkan Golden Ticket kategori Platinum.

Pesan dan Tips untuk Calon Mahasiswa UNAIR

Di akhir sesi, Reza memberikan pesan penting kepada siswa-siswi SMA yang sedang berjuang menentukan pilihan prodi dan kampus. Menurutnya, usaha untuk mendapatkan PTN impian sebenarnya sudah dimulai sejak kelas 10. Oleh karena itu, fokuslah pada doa dan persiapan yang matang. Ia juga menyarankan untuk memilih prodi yang sesuai dengan minat agar tidak salah jurusan.

Reza menegaskan bahwa Golden Ticket memberikan peluang besar, namun membutuhkan prestasi pendukung yang relevan. Oleh karena itu, siswa yang ingin mengikuti jalur ini harus aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kompetisi yang mendukung.

Diskusi di Humanicast ini memberikan wawasan mendalam tentang Golden Ticket UNAIR dan pengalaman mahasiswa baru dalam menghadapi tantangan akademis dan non-akademis di FIB. Reza, dengan cerita inspiratifnya, berhasil memberikan motivasi dan panduan bagi siswa-siswi yang bercita-cita melanjutkan studi di Universitas Airlangga melalui jalur Golden Ticket.

Video selengkapnya di https://youtu.be/E8RHpJuLVwI?si=s4y9Lj6_l3qC5o07

source
https://unair.ac.id