Peneleh Village Photo Contest as a Facility for Cultural Heritage Preservation

Foto bersama para juara dalam Lomba Foto Kampung Peneleh di Balai RW 02 Plampitan, Peneleh

Penulis : Manuela Bernarda Serang | Editor: Jihan Rafifah Mahdiyyah

Lomba Foto Perkampungan Peneleh merupakan lomba foto yang menjadi bagian dari Pengabdian Masyarakat Internasional Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (FIB UNAIR). Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan. Pengumpulan foto dibuka sejak 29 Maret 2024 hingga 30 April 2023, penilaian  foto pada 1 Mei 2024, pengumuman juara pada 2 Mei 2024, serta pemberian hadiah pada 4 dan 5 Mei 2024. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan partisipasi masyarakat lokal Peneleh dalam kegiatan pelestarian cagar budaya.

“Diharapkan melalui lomba foto ini dapat membantu masyarakat lokal memahami prinsip dan praktik dalam pengembangan masyarakat berbasis partisipatif,” ujar Lady Khairunnisa selaku Koordinator Pengabdian Masyarakat Internasional.

Hasil dari lomba foto ini akan menjadi bahan media pendidikan oleh Fakultas Ilmu Budaya bersama Universiti Teknologi Malaysia serta Universiti Malaysia Sabah. Kegiatan ini menekankan pada aspek sejarah daripada teknik fotografi dengan menggandeng Ikhsan Rosyid Mujahidul Anwari SS MA selaku dosen Ilmu Sejarah sebagai juri.

“Kampung Peneleh dipilih sebagai lokasi lomba foto karena terdapat berbagai peninggalan cagar budaya seperti rumah kelahiran Soekarno, museum Hos Tjokroaminoto, sumur jobong,” ungkap Lady yang juga merupakan Ketua HIMA MKSB ini .

Target utama dalam lomba foto ini yakni masyarakat lokal Peneleh, seperti Kampung Peneleh, Plampitan, Pandean, Lawang Seketeng, Jagalan, Klimbungan, Undaan Peneleh, Polak Wonorejo, Grogol, serta Grogol Kauman. Selain itu, terdapat pula peserta lomba foto yang berasal dari kategori umum dan kategori favorit.

“Total ada lebih dari 800 foto yang masuk dalam seleksi lomba foto ini. Juara terdiri atas kategori warga lokal, umum, dan favorit. Juara 1 mendapat hadiah sebesar Rp750.000, juara 2 Rp500.000, juara 3 Rp400.000,” paparnya.

Adapun juara dari lomba foto kategori umum terdiri atas Rakha Raditya Yahya sebagai juara 1, Azra Syahirah sebagai juara 2, Hendy Wicaksono sebagai juara 3. Juara kategori favorit terdiri atas Nur Fajri sebagai juara 1, Jalaluddin Muhammad sebagai juara 2, Sanggar Hening sebagai juara 3.

Kemudian juara 1 kategori warga lokal Peneleh terdiri atas Zhafran Narendra, Syahfana Ilmira Almaghfiro, Agus Santoso, juara 2 terdiri atas Vania Ribka Calista, Tifani Aurellia Shefa, Maulida Ermawati, serta juara 3 terdiri atas Muhammad Zidan Syabani, Reishivan Anugrah Ridwanullah, M.Yusuf.

source
https://unair.ac.id