International Guest Lecture: Cultural Exploration of the Lundayeh Community

Jumat, 3 Mei 2024 – Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (FIB UNAIR) dengan bangga mengadakan Guest Lecture bertajuk “Mengenali Sejarah dalam Budaya Masyarakat Lundayeh”. Acara ini menghadirkan pembicara Dr. Kavitha Ganesan dari Universiti Malaysia Sabah sebagai pembicara utama, dengan didampingi oleh Romiana, S.Hum. sebagai moderator dari Magister Kajian Sastra dan Budaya.

Dalam pembicaraan, Dr. Kavitha Ganesan menyampaikan topik menarik mengenai peran buaya dalam budaya masyarakat Lundayeh. Dia menjelaskan bahwa buaya merupakan simbol yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Lundayeh. Buaya sendiri dapat ditemui di berbagai jenis perairan di Borneo.

Salah satu aspek yang menarik adalah ulung buayeh, yang merupakan struktur tanah (mud effigy) yang melambangkan kehadiran buaya sebagai penjaga atau guardian. Dr. Kavitha juga membahas tentang adat Nui Ulung, di mana ulung buayeh dibangun dari tanah dan diadakan upacara kejayaan di sekitarnya. Meskipun adat ini telah dihapuskan selama masa penjajahan Inggris dan dengan adopsi agama Kristen, namun pengaruhnya masih terasa dalam budaya masyarakat Lundayeh.

Dalam konteks masyarakat Lundayeh, buaya bukan hanya sekadar hewan, tetapi juga memiliki makna simbolis yang dalam. Buaya melambangkan kepahlawanan, keberanian, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan. Selain itu, buaya juga mencerminkan semangat kekitaan dan kesamarataan gender dalam masyarakat Lundayeh.

Sebagai penutup, Dr. Kavitha menekankan bahwa buaya dalam budaya masyarakat Lundayeh merupakan simbol identitas yang kuat, terutama di tengah era perubahan dan pemodenan yang mengubah pola hidup masyarakat Borneo secara keseluruhan.

Acara ini memberikan wawasan yang dalam tentang hubungan antara sejarah lokal dan budaya, serta menyoroti pentingnya memahami dan menghargai warisan budaya dalam konteks globalisasi yang terus berkembang. FIB UNAIR berkomitmen untuk terus menyelenggarakan acara-acara seperti ini demi memperkaya pemahaman mahasiswa dan masyarakat umum tentang beragam aspek budaya yang ada di Indonesia mapun di seluruh dunia.

source
https://unair.ac.id