Achievement Graduates Share Tips to Get 17,000 SKP

Dalam episode terbaru Humanicast (Humanities Podcast) mengundang salah satu wisudawan berprestasi dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (FIB UNAIR). Ashila selaku host dengan narasumber yang baru saja diwisuda kemarin, untuk mendapatkan informasi tentang kunci kesuksesannya dan tips bagi mahasiswa yang ingin meraih prestasi.

Meilisa Dwi Ervinda merupakan alumni program studi Bahasa dan Sastra Indonesia asal Gresik, Jawa Timur, angkatan 2019. Meilisa berhasil meraih 17.000 SKP (Sistem Kredit Prestasi) pada saat wisuda kemarin.

Meilisa menceritakan kesan luar biasanya setelah melewati perjalanan panjang kuliah, penulisan skripsi, dan berbagai aktivitas organisasi. Dia menyampaikan kebahagiaannya atas pencapaian tersebut, terutama karena mendapat penghargaan sebagai wisudawan berprestasi yang memberikan kursi VIP untuk orang tuanya di acara wisuda.

Selama masa kuliahnya, Meilisa aktif dalam berbagai kegiatan, termasuk organisasi, penulisan, dan teater. Dia berbagi tips tentang bagaimana cara mengelola waktu antara kuliah dan aktivitas ekstrakurikuler. Menurutnya, setiap mahasiswa memiliki cara tersendiri dalam menjalani kegiatan di kampus. Dia merasa bahwa terlibat dalam berbagai organisasi dan kompetisi memberinya energi positif dan kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang.

Dalam pembahasan tentang penulisan dan kegiatan kreatif, Meilisa menyampaikan bahwa menulis untuk media massa atau kegiatan teater dapat menjadi cara untuk mendapatkan SKP yang signifikan. Bahkan tulisan-tulisan yang tidak dipublikasikan secara resmi pun dapat dimasukkan ke dalam SKP, memberikan nilai tambah bagi mahasiswa.

Dia juga berbagi pengalamannya dalam mengikuti program pertukaran mahasiswa dan magang, yang juga memberinya kesempatan untuk mendapatkan SKP dan memperluas wawasan tentang budaya dan seni. Meilisa menyarankan agar mahasiswa aktif memantau poin-poin SKP yang mereka kumpulkan setiap semester dan memastikan untuk melaporkannya secara teratur.

Meilisa juga menyoroti pentingnya memiliki rencana dan target yang jelas dalam meraih prestasi. Dia menekankan perlunya memanfaatkan setiap kesempatan untuk mengembangkan diri dan mencapai pencapaian yang diinginkan.

Dalam akhir perbincangan, Meilisa berbagi rencananya untuk masa depan, termasuk persiapan untuk bekerja dan studi lanjut. Dia menegaskan pentingnya tetap fokus pada minat dan bakat pribadi sambil menjalani perjalanan karier.

Episode ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi para pendengar, terutama bagi mahasiswa yang ingin meraih prestasi di bidang akademik maupun non-akademik. Dengan tips dan pengalaman yang dibagikan oleh Meilisa, diharapkan semakin banyak mahasiswa yang dapat mencapai kesuksesan seperti dirinya.

Jangan lewatkan episode berikutnya dari Humanicast Humanities Podcast, di mana kami akan terus menghadirkan pembicara dan topik menarik seputar ilmu budaya dan humaniora. Tetap pantau website resmi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga untuk informasi lebih lanjut. Semoga kita dapat bertemu kembali di episode berikutnya!

Video selengkapnya dapat dilihat di https://youtu.be/FDC0SQgnmj8?si=jAz4TX2gDFtlmZSs

source
https://unair.ac.id