Entitled "Art as Lifestyle", the first art competition is ready to be held

Poster SSB edisi Mei.

Penulis : Kezia Elcamarie

Sayembara Seni Budaya (SSB) yang merupakan program kerja baru garapan dari BEM Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (FIB UNAIR) kementrian Seni Budaya. SSB bertujuan memberikan wadah bagi mahasiswa FIB Unair untuk dapat menuangkan kreativitasnya dalam bidang kesenian dan budaya. Tidak hanya wadah, tetapi menjadi ajang yang memberikan apresiasi atas hasil karya mahasiswa FIB Unair.

SSB rencananya akan diadakan 2 kali selama masa jabatan. Untuk penyelenggaraan pertama akan diadakan pada bulan Mei 2024. Kegiatan ini akan diadakan secara online. Nantinya peserta akan menyerahkan hasil karya mereka melalui link g-form yang akan kami siapakan sebagai tempat pengumpulan. Dan tanpa adanya pungutan biaya pendaftaran, sehingga  dengan mudahnya persyaratan untuk mendaftar target peserta yang mendaftar diharapkan mencapai 50 orang.

Untuk mewujudkan kegiatan SSB ini, para panitia berusaha keras untuk mengusahakan kesuksesannya. Mulai dari membangun konsep dan menentukan kategori perlombaan yang menarik bagi mahasiswa FIB untuk mengikutinya. Dengan cara melakukan polling di akun sosial media BEM FIB Unair. Sehingga nantinya banyak mahasiswa FIB Unair yang tertarik untuk berpartisipasi dalam sayembara ini.

“Harapan saya untuk berjalannya proker sayembara senbud adalah agar dapat menjadi platform yang memperkuat apresiasi terhadap seni dan budaya di kalangan mahasiswa/i FIB. Pesannya adalah pentingnya kolaborasi antara seni dan budaya untuk memperkaya pengalaman bersama serta meningkatkan kesadaran akan keberagaman budaya yang ada. Dalam seni, ada kekuatan yang bisa menyentuh jiwa, menyembuhkan luka, dan menginspirasi perubahan. Kalau kamu percaya dengan kalimat di atas, ekspresikan diri kamu dengan mengikuti Sayembara Seni Budaya 2024” – Syafa Aulia Harsadina selaku ketua pelaksana SSB 2024.

Diharapkan dengan adanya program kerja SSB dapat menarik minat mahasiswa FIB Unair terhadap seni maupun budaya. Kedepannya jika persentase kesuksesan program kerja ini meningkat dengan stabil, kami dapat mencakup target peserta yang lebih luas. Contohnya dapat mencakup siswa SMA/SMK/Sederajat, SMP, SD, dan bahkan Masyarakat umum. Kami segenap panitia berharap banyak akan kesuksesan program kerja ini. Karena tidak hanya sebagai wadah apresiasi, tetapi juga dapat mempromosikan FIB Unair kepada khalayak umum.

source
https://unair.ac.id