Makna dan Esensi Pancasila: Dibahas oleh Dosen FIB UNAIR

Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (FIB UNAIR) memberikan penjelasan mendalam mengenai makna dan esensi Pancasila, fondasi ideologi bangsa Indonesia yang sangat penting.

Pertama-tama, Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima prinsip fundamental yang menjadi landasan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam penjelasannya, dosen FIB UNAIR menyoroti pentingnya setiap prinsip Pancasila dan bagaimana setiap prinsip saling melengkapi dan memperkuat satu sama lain.

Salah satu hal yang ditekankan oleh dosen tersebut adalah pentingnya memahami nilai-nilai dalam Pancasila secara menyeluruh, bukan hanya sekadar menghafal atau mengulangnya tanpa memahami maknanya. Dalam konteks ini, dosen memberikan penjelasan yang mendalam tentang nilai-nilai seperti Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Selain itu, dosen tersebut juga menyoroti relevansi Pancasila dalam konteks modern dan tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini. Diskusi melibatkan pertimbangan tentang bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dan dalam menanggapi berbagai isu kontemporer yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.

Dengan demikian, penjelasan yang diberikan oleh dosen FIB UNAIR tidak hanya memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang makna dan esensi Pancasila, tetapi juga menggugah untuk merenungkan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat dihayati dan diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.