FIB Reading Room Online Training: The Complete Solution for Students

Ruang Baca Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (FIB UNAIR) telah merespons kebutuhan mahasiswa dengan menghadirkan pelatihan online yang khusus disiapkan untuk menjawab kebutuhan mahasiswa akhir. Kelas ini secara khusus ditujukan bagi mereka yang telah menyelesaikan sidang, melakukan revisi, dan akan segera menempuh beberapa proses menuju persyaratan yudisium. Dengan demikian, diharapkan para mahasiswa tidak lagi merasa bingung dengan tahapan yang harus dilalui.

Proses pelatihan online ini juga mencakup berbagai informasi penting terkait unggah mandiri karya ilmiah. Mahasiswa diajak untuk memahami dengan jelas persyaratan yang perlu dipersiapkan, mulai dari soft file hingga proses unggahnya di sistem Ailis.

Dalam pelatihan ini, mahasiswa diajarkan mengenai regulasi terkait karya ilmiah akhir yang telah diatur oleh peraturan menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi RI nomor 53 tahun 2023 tentang penjaminan mutu pendidikan tinggi. Di samping itu, peraturan Rektor Unair nomor 46 tahun 2016 juga menjadi sorotan, di mana seluruh civitas akademika diwajibkan untuk menyerahkan karya ilmiahnya ke perpustakaan.

Tujuan utama dari proses unggah mandiri karya ilmiah ini adalah untuk menjaga kekayaan intelektual, menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya, serta menjadi syarat untuk pengajuan yudisium atau wisuda. Melalui repository UNAIR, karya ilmiah mahasiswa dapat diakses sebagai sumber pengetahuan yang dapat digunakan oleh mahasiswa lainnya maupun masyarakat umum.

Selain mengajarkan proses unggah mandiri, pelatihan ini juga memberikan pemahaman mengenai persyaratan bebas pustaka yang perlu dipenuhi. Mahasiswa diajak untuk memahami prosedur dan syarat yang harus dipenuhi sebelum mendapatkan surat bebas pustaka.

Dalam proses unggah mandiri, mahasiswa diberikan panduan langkah demi langkah untuk mengunggah file menggunakan sistem Ailis for education. Mereka diajarkan cara mengunggah file, menyiapkan tanda terima, dan mendapatkan persetujuan dari Perpustakaan Pusat.

Selain itu, mahasiswa juga diajarkan cara melakukan editing file, termasuk penambahan header, footer, dan bookmark. Penting untuk memastikan bahwa file yang diunggah memenuhi syarat yang telah ditentukan, seperti format PDF dan kapasitas file maksimum.

Proses unggah mandiri ini juga melibatkan verifikasi dan koreksi dari pihak perpustakaan. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam proses unggah, mahasiswa akan diberikan notifikasi untuk melakukan perbaikan.

Setelah proses unggah mandiri selesai dan memenuhi semua persyaratan, mahasiswa dapat menyerahkan karya ilmiah cetak dalam bentuk hardcover ke perpustakaan pusat. Selanjutnya, mereka akan menerima surat bebas pustaka sebagai tanda bahwa proses unggah mandiri telah selesai.

Proses unggah mandiri ini juga terkait dengan pengajuan bebas pinjam di Ruang Baca FIB Unair. Mahasiswa perlu memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan, termasuk unggah mandiri karya ilmiah, menyerahkan hardcover karya ilmiah ke perpustakaan pusat, dan tidak memiliki tanggungan pinjaman buku di perpustakaan.

Dengan adanya pelatihan online ini, diharapkan mahasiswa dapat menguasai proses unggah mandiri karya ilmiah dan memenuhi semua persyaratan akademik dengan baik. Hal ini akan membantu mereka untuk menyelesaikan studi dengan lancar dan memperoleh gelar sarjana sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Secara keseluruhan, pelatihan online di Ruang Baca FIB UNAIR menjadi solusi tuntas bagi mahasiswa dalam menyelesaikan proses unggah mandiri karya ilmiah dan memenuhi persyaratan akademik menuju yudisium atau wisuda. Dengan adanya dukungan dan bimbingan yang diberikan, diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan proses ini dengan lancar dan sukses.

Selain menyediakan pelatihan online, pendampingan offline juga tetap diberikan dalam jam pelayanan yang telah ditentukan. Hal ini bertujuan untuk memberikan bantuan secara langsung kepada mahasiswa agar mereka dapat menyelesaikan proses akademiknya dengan lancar.

source
https://unair.ac.id