UNAIR Faculty of Cultural Sciences Holds Joint Halalbihalal

Surabaya, 19 April 2024 – Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (FIB UNAIR) menyelenggarakan acara Halalbihalal sebagai bagian dari rangkaian kegiatan pasca perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Acara ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, staf, dosen, mahasiswa, darmawanita, alumni, serta undangan lainnya.

Dibuka dengan sambutan dari Prof. Dr. Purnawan Mahundoro, S.S., M.Hum., selaku Dekan FIB UNAIR. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa syukur atas kesempatan berkumpul dalam momen berkah ini. “Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah, sehingga kita dapat berkumpul dalam acara Halal Bihalal pagi ini,” ucap Prof. Purnawan.

Menyambung dari sambutan Dekan, Ustaz Dr. Muhammad Sholihin memberikan tausiyah agama tentang pentingnya saling memaafkan dan menjaga hubungan baik sesama umat manusia. “Halal Bihalal bukan hanya tradisi, tapi juga merupakan momentum penting untuk membersihkan hati dan mempererat tali silaturahmi,” ujar Ustaz Sholihin.

Dalam tausiyahnya, Ustaz Sholihin menekankan nilai-nilai keislaman yang harus dijunjung tinggi, termasuk sikap saling memaafkan dan menjaga hubungan baik. “Sebagai umat Muslim, kita diajarkan untuk selalu memaafkan kesalahan orang lain dan bersikap rendah hati,” tambahnya.

Acara Halal Bihalal FIB UNAIR ini juga dimeriahkan dengan penampilan grup kulintang dharma wanita dari Fakultas Ilmu Budaya. Mereka menyajikan beberapa lagu yang menghibur dan memperindah suasana.

Dalam kesempatan ini, para hadirin juga diminta untuk berdoa bersama agar segala ibadah yang telah dilakukan selama bulan Ramadan diterima oleh Allah SWT. “Semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah kita dan menjadikan kita umat yang diberkahi,” ujar Ustaz Sholihin.

Acara ditutup dengan ramah tamah antar peserta, menandai berakhirnya rangkaian kegiatan Halal Bihalal FIB UNAIR. Semangat kebersamaan dan kerukunan terpancar dari setiap peserta yang hadir, menunjukkan semangat yang tinggi dalam mempererat tali silaturahmi dan menjaga kebersamaan di lingkungan kampus.

source
https://unair.ac.id