Delving into the IISMA Scholarship Scheme: A Unique Experience in Hungary

Humanicast, Humanities Podcast kembali hadir dalam episode kedua dengan pembahasan yang menarik tentang skema beasiswa yang merupakan bagian dari program Kampus Merdeka, yaitu Indonesian International Student Mobility World (IISMA). Bersama host Ashila Rizka yang akan mendalami perjalanan dan tips dari narasumber spesial, Walidil Afi, mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (UNAIR) angkatan 2020 yang telah berpartisipasi dalam program IISMA di University of Szeged, Hungaria.

Sebagai perkenalan, Afi membagikan pengalaman luar biasanya sebagai salah satu awardee IISMA 2022 yang mendapat kesempatan belajar di Eropa. Meskipun awalnya ia bercita-cita untuk mengambil di Thailand, keputusan menerima tawaran kedua dari Hungaria membuka jalan bagi petualangan baru dalam studi di Eropa.

IISMA, sebagai program student exchange, memungkinkan mahasiswa bergabung dengan kampus-kampus ternama di seluruh dunia. Afi menceritakan persiapannya yang dimulai dari pengumpulan berkas hingga tes kebangsaan dan wawancara, serta bagaimana ia berhasil menyelesaikan tantangan finansial dan administratif untuk mendapatkan visa.

Ketika tiba di Hungaria, Afi mengalami culture shock yang signifikan. Perbedaan dalam komunikasi, tata krama, dan transportasi menjadi pengalaman baru baginya. Namun, ia juga menemukan keindahan dalam kehidupan sehari-hari di Hungaria, seperti kesadaran akan pentingnya keselamatan pejalan kaki dan keramahan masyarakat lokal.

Dalam perkuliahan, Afi memilih mata kuliah yang sejalan dengan minatnya dalam linguistik dan budaya. Ia mendapati pengalaman akademik yang berharga dan pengertian yang lebih dalam tentang budaya Hungaria. Namun, tidak hanya itu, Afi juga menghadapi tantangan emosional setelah kembali dari Hungaria, yang sering kali disebut sebagai “post-IISMA depression”. Namun, ia berhasil melalui masa tersebut dengan refleksi diri dan dukungan dari teman-teman.

Meskipun penuh perjuangan, pengalaman Afi dengan IISMA membuka mata dan hatinya terhadap keberagaman budaya, memperdalam pengetahuannya tentang linguistik dan budaya, serta menginspirasi semangatnya untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan orang lain.

Bagi sobat budaya yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang IISMA dan perjalanan Afi, jangan ragu untuk menghubunginya melalui Instagram @walidil.afi. Juga, jangan lewatkan podcast humanicast episode berikutnya di kanal YouTube FIB setiap hari Selasa. Tetap semangat mengeksplorasi dunia dan budaya!

Video lengkap dapat dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=owNirmXelHo&t=31s

source
https://unair.ac.id