Shining Together through the Ramadhan Breakthrough Volume II

Ramadhan, bulan suci ini mempunyai makna mendalam tentang kesabaran, kebersihan spiritual, dan solidaritas sosial. Ramadhan disambut dengan semangat kebersamaan, kasih sayang, dan pengabdian kepada sesama.Bulan Ramadhan diharapkan tidak hanya menjadi simbol kebaikan sesaat, tetapi juga menanamkan nilai-nilai luhur dalam hati setiap individu sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang secara spiritual. Dengan semangat kepedulian yang mendalam, kami sambut bulan suci Ramadhan dengan mempersembahkan hadis mulia:

“Sebaik-baik kalian adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Bukhari).

Sebagai wujud pengabdian masyarakat, kami Kementrian Pengabdian Masyarakat BEM FIB Universitas Airlangga akan menyelenggarakan “Gebrakan Ramadhan Jilid II” sebagai bagian dari upaya kontribusi positif terhadap masyarakat di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah. Kami berharap dapat menyemarakkan bulan suci dengan kebaikan dan kepedulian melalui kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan kesadaran literasi pada generasi muda. Gebrakan Ramadhan Jilid II akan diselenggarakan di 3 panti asuhan yaitu Panti Asuhan BJ.Habibie, Panti Asuhan Berdikari, dan Panti Asuhan Baitun Nur.Berbagai macam kegiatan akan dilaksanakan mulai dari fun games, story telling, dan motivation building.

Dalam menciptakan kebersamaan yang erat fun games akan menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Fun games akan diisi dengan bermain tebak kata yang memerlukan kerja sama dan kekompakan untuk menambah aspek interaktif. Selain itu, mereka akan bermain puzzle sekaligus bernyanyi 25 nama nabi dalam islam dan rukun iman. Melalui kegiatan ini, diharapkan anak-anak dapat merasakan keceriaan dan dapat memperdalam pemahaman terhadap ajaran Islam.

Selain serangkaian fun games yang menghibur, kegiatan selanjutnya tidak kalah seru yaitu story telling bersama IMAJI. Pada kegiatan ini, anak-anak akan diajak untuk meresapi nilai-nilai kebaikan dalam setiap cerita yang disampaikan. Hal ini bertujuan agar anak-anak memiliki antusiasme yang tinggi terhadap cerita. Namun, tidak hanya berhenti di situ, mereka akan diajak untuk menuliskan harapan-harapan di sticky notes dan ditempel pada pohon harapan yang dibuat bersama-sama. Diharapkan melalui hal tersebut dapat membangun motivasi, menciptakan ikatan emosional dan memberikan semangat positif yang berkembang dalam dalam diri mereka. Dalam meningkatkan literasi generasi muda kami juga akan membuat pojok baca. Setiap panti asuhan akan kami fasilitasi dengan rak buku berserta buku-bukunya.

Demikianlah, kegiatan sosial yang kami sampaikan sebagai wujud komitmen Kementrian Pengabdian Masyarakat BEM FIB Universitas Airlangga dalam menjalankan Gebrakan Ramadhan Jilid II. Melalui upaya bersama ini, kami berharap dapat mewujudkan semangat empati, kepedulian, dan saling membantu. Selain itu, kami berharap dapat menebarkan keceriaan dan kasih sayang kepada anak yatim piatu di Panti Asuhan BJ.Habibie, Panti Asuhan Berdikari, dan Panti Asuhan Baitun Nur. Setiap langkah kebaikan yang dillakukan akan menjadi cahaya penerang bagi mereka yang membutuhkan. Teruslah bersama-sama mengukir jejak kebaikan dan meningkatkan literasi sebagai investasi masa depan yang lebih cerah.

source
https://unair.ac.id