Indonesian Language and Literature Student Team Wins 1st Place in Essays

Ilma Arrafi Nafi’a (kiri) dan Richo Andrianto (kanan) setelah melakukan presentasi di final lomba

Penulis: Syirly Aldira Syaifulloh | Editor: Ilma Arrafi Nafi’a

Kabar gembira datang dari kompetisi Speak Up Competition. Richo Andrianto dan Ilma Arrafi Nafi’a menyabet Juara 1 dalam bidang esai. Keduanya merupakan mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga.

Speak Up Competition merupakan kompetisi esai yang menyuarakan pendapat maupun gagasan dari mahasiswa terkait transformasi pendidikan pada Indonesia emas 2045. Menilik riwayatnya, Richo mengaku gemar mengikuti kompetisi kepenulisan. Untuk itulah saat menemukan informasi kompetisi, keduanya sepakat untuk mengikuti meskipun tenggat H-3 pengumpulan.

“Saya pikir dipublikasikan melalui media partner sedekat itu dengan deadline akan diikuti dengan jumlah peserta yang sedikit tetapi justru hingga puluhan yaitu 63 tim,” jelas Ilma.

Dalam kompetisi Esai Speak Up Competition kemarin, Richo juga menceritakan tentang proses dalam kompetisinya yang serba mendadak. Dilakukan dengan tim, keduanya merasa saling membahu akan meringankan beban. Pembagian tugas meliputi research, pembuatan salindia, dan persiapan presentasi. Meskipun dengan waktu yang singkat, syukurlah keduanya merasa energi yang dikeluarkan setimpal dengan hasil nilai tim yang  paling tinggi diantara 9 finalis lainnya.

“Teruslah mencoba hal-hal baru yang dapat mengembangkan soft skill sebab akan berguna setelah pasca kampus serta pesannya semoga dapat memanfaatkan title mahasiswa dengan baik karena privilege nya sungguh besar apalagi mahasiswa dari UNAIR,” tukas Richo sebagai pesannya untuk mahasiswa FIB.

Prestasi Richo dan Ilma tersebut menjadi bagian dari dukungan civitas akademika FIB Unair terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) untuk poin 4 yakni Quality Education.

source
https://unair.ac.id