FIB Students Win Best Presentation in Scientific Writing Competition

Unggahan apresiasi FIB UNAIR terhadap kemenangan Iqbal Rohim Al Farisi dan Ivone Pinasthika Prawesti

Penulis: Pipit Puspitasari | Editor: Cahyaning Safitri

Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali meraih kejuaraan best presentation dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang dilaksanakan oleh HIMAPIPA Universitas Tidar. Salah satu mahasiswa prodi Ilmu Sejarah dan Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu Iqbal Rohim Al Farisi dan Ivone Pinasthika Prawesti berhasil membawa nama baik FIB.

Perlombaan karya tulis ilmiah ini berfokus pada scientific yang mana persiapan yang dibutuhkan untuk mengikuti lomba ini selama kurang lebih dua minggu. Dalam wawancaranya, Iqbal sebagai ketua tim mengaku telah melakukan riset karya tulis yang diajukan.

“Kita sama-sama dari FIB, jadi yang menjadi fokus kita adalah sosial humaniora,” ucap Iqbal.

Dalam menjalani proses pembuatan karya tulis ini mereka melakukan brainstorming untuk menentukan topik dan judul yang saat ini urgent dan perlu diselesaikan. Lebih lanjut, karya tulis ilmiah tentunya sebagai wujud dari ide-ide untuk merealisasikan dan mengembangkan serta menghasilkan luaran yang dapat membantu sekelilingnya.

“Latihan menjadi hal penting karena sebagai wadah untuk melakukan diskusi kemudian belajar presentasi. Hal itu dilakukan secara online mengingat teman saya—Ivone—sekarang berada di UGM,” ungkapnya.

Iqbal mengaku selama mengikuti lomba ada beberapa hambatan yang harus mereka lalui. Hambatan dalam mengikuti perlombaan ini hadir saat melakukan analisis terhadap karya tulis terkait cara  merealisasikan dan mengembangkannya.

“Saya berharap mahasiswa FIB selalu mempunyai semangat untuk menulis sebagai motivasi untuk lomba kepenulisan. Menurut saya, menulis sebagai Implementasi efektif untuk menuangkan segala ide yang mana relevan dengan mahasiswa FIB sendiri,” tutupnya.

The post Mahasiswa FIB Raih Best Presentation Lomba Karya Tulis Ilmiah appeared first on Fakultas Ilmu Budaya.

source
https://unair.ac.id