Cultural Pen: Presentation by KASTRAT BEM FIB UNAIR

Penulis: Ade Irma & Alya Putr

Surabaya, 4 Oktober 2023 — Pena Budaya merupakan media pewartaan hasil-hasil diskusi dan kajian pribadi anggota KASTRAT. Selain itu, Pena Budaya juga menjadi wadah hasil tulis-menulis di ranah politik-sosial-budaya mahasiswa FIB UNAIR yang diunggah melalui media sosial Instagram dan Medium, juga dalam bentuk e-zine maupun zine cetak. Tema besar yang menaungi mereka yaitu “Surat Kecil untuk Kemanusiaan” dimaksudkan sebagai forum yang mengangkat isu-isu lokal masyarakat ke media sosial.

Pena Budaya berkomitmen untuk memberikan ruang bagi suara-suara yang belum mendapat perhatian yang seharusnya berada di media massa. KASTRAT percaya bahwa melalui kekuatan kata-kata, mahasiswa UNAIR khususnya FIB dapat tetap aktif mengikuti perkembangan isu-isu, berdiskusi, dan membuat perubahan terkecil sekalipun.

Pena Budaya konsisten mengunggah karya tulis (puisi, cerpen, opini) di media sosial selama seminggu sekali yang tiap bulannya memiliki tema berbeda dengan ditentukan pada rapat evaluasi kerja kementerian KASTRAT BEM FIB UNAIR di akhir bulan. Tidak hanya anggota KASTRAT, mahasiswa FIB UNAIR dapat berkontribusi dengan mengirimkan karyanya melalui surel sesuai ketentuan yang tertera.

source
https://unair.ac.id