Adkesma BEM FIB 2023 Holds Student Forum Again

Jajaran dekanat dan mahasiswa berfoto selepas Forum Mahasiswa usai

Penulis: Ilma Arrafi Nafi’a | Editor: Cahyaning Safitri

Rabu (14/9/2023) Kementerian Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (UNAIR) Kabinet Ganesa kembali menggelar kegiatan Forum Mahasiswa. Dihadiri oleh Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Listiyono Santoso, Wakil Dekan 2, Rizky Andini, beserta kepala sub bagian masing-masing bidang.

Mengusung tema ‘Bersama Forma Seirama menuju Mahasiswa Humaniora yang Progresif dan Sinergis’ Forum Mahasiswa kali ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara mahasiswa dan jajaran dekanat melalui upaya menjaring aspirasi dan menuntaskannya dalam satu forum.

Sebelumnya, Kementerian Adkesma telah menyebarkan penjaringan aspirasi melalui gform yang kemudian disebarkan pada grup yang berisi jajaran dekanat dan perwakilan pengurus masing-masing BSO Ormawa serta penyebaran secara luas melalui media sosial. Penjaringan ini dilakukan selama 3 minggu.

Selain itu, penjaringan juga diperoleh melalui kegiatan Hearing Adkesma yang mengundang perwakilan pengurus per BSO Ormawa untuk mengutarakan aspirasi secara mendalam. Pertemuan ini dilakukan pada Kamis, 14 Agustus 2023 yang dihadiri oleh sekitar perwakilan BSO Ormawa.

“Forum Mahasiswa ini digelar sebagai bentuk evaluasi baik dari pihak dekanat maupun mahasiswa untuk perbaikan baik yang bersifat urgent maupun tidak.” Jelas Pipit, Menteri Adkesma BEM FIB 2023.

Meskipun sempat terkendala penentuan jadwal dalam pelaksanaannya, namun Forum Mahasiswa kali ini berhasil dihadiri hampir secara utuh dari perwakilan masing-masing bidang pihak dekanat. Ormawa dan BSO pun juga hampir lengkap dalam mendelegasikan perwakilan masing-masing.

“Pada Forum Mahasiswa kali ini, kami tidak hanya berfokus pada penjaringan aspirasi oleh ormawa atau BSO saja tetapi juga mahasiswa umum dengan harapan supaya hal-hal yang perlu dibenahi bisa segera dilakukan terlepas keluhan tersebut berasal dari mahasiswa umum atau bagian dari ormawa dan BSO.” Pungkas Pipit.

Pencapaian ini turut mendukung FIB dalam mewujudkan SDG’s Poin 4 yakni Quality Education.

source
https://unair.ac.id