HMD Indonesian Language and Literature Holds SEMESTA Again

Penulis: Sri Wahzuni | Editor: Ilma Arrafi Nafi’a

Sabtu (2/9/2023) HMD Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali menyelenggarakan kegiatan SEMESTA (Srawung Bersama Bahasa dan Sastra Indonesia). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wadah pengenalan lingkungan kampus bagi mahasiswa baru di ranah program studi.

SEMESTA 2023 mengusung tema ‘Perjamuan Semesta: Sebuah Rumah Menatap dan Menetap’. Tema tersebut memiliki makna memantik dan mengukirkan kisah yang berkesan berjumpa dan saling berjabat tangan memperkenalkan diri serta rasa bangga terhadap program studi sebagai ruang yang akan menjadi rumah untuk kembali. Sebanyak 108 mahasiswa baru turut mengikuti kegiatan SEMESTA dengan kompak mengenakan baju biru dan bawahan hitam.

Menariknya, mahasiswa tidak hanya diberi materi tetapi juga terdapat sesi Forum Grup Discussion (FGD) yang mana mahasiswa diberikan ruang untuk diskusi sebagai bentuk pelatihan pola pikir kritis menjadi mahasiswa dalam dunia perkuliahan. “Melalui kegiatan ini, saya berharap mahasiswa mampu beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan dan bisa mengakrabkan diri dengan teman seangkatan maupun dengan angkatan sebelumnya,” jelas Wike Wijayanti selaku Ketua Pelaksana Semesta 2023.

Adapun rangkaian dari kegiatan SEMESTA yaitu Pra srawung, Srawung I. Srawung II, Srawung III, Inisiasi dan malam sutasoma. “Semoga SEMESTA 2023 dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa baru Bahasa dan Sastra Indonesia.” Tutup Wike.

Pencapaian ini turut mendukung FIB dalam mewujudkan SDG’s Poin 4 yakni Quality Education.

source
https://unair.ac.id