PESTRA, Binoculars of Freedom in Literature

Pekan Bahasa dan Sastra Universitas Airlangga atau lebih dikenal dengan singkatan PESTRA merupakan kegiatan tahunan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga yang menjadi wadah minat dan bakat berbahasa dan bersastra.

PESTRA  dapat diikuti oleh pelajar SMA/SMK/MA sederajat hingga jenjang mahasiswa. Bertajuk “Teropong Kebebasan dalam Sastra”, kegiatan ini dimaknai sebagai perpanjangan bentuk-bentuk kebebasan yang tampak dalam sastra sebagai bagian dari realitas sosial manusia dengan harapan PESTRA 2023 dapat menjadi teropong yang melihatkan berbagai macam upaya menuju kebebasan hingga perayaan kebebasan dalam sebuah karya sastra. 

Selain sebagai wadah minat dan bakat, PESTRA 2023 juga menjadi ajang perayaan Bulan Bahasa yang diperingati setiap bulan Oktober. Bermula dari organisasi Budi Utomo yang diprakarsai, salah satunya Dr. Soetomo pada tahun 1908, berisi para pemuda yang membawa semangat pergerakan nasional dan memiliki tujuan untuk menjamin kehidupan bangsa yang terhormat. Proses yang panjang hingga membawa para anggota di dalamnya pada Penutupan Kongres Pemuda pada 28 Oktober 1928 yang menghasilkan kesepakatan dan melahirkan Ikrar Sumpah Pemuda. Himpunan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga turut mengambil peran dalam pelaksanaan perayaan Bulan Bahasa dengan menghadirkan kegiatan Safari SMA/SMK/MA/ sederajat, Pekan Lomba, dan Malam Puncak PESTRA 2023.

Diawali dengan rangkaian acara Safari SMA/SMK/MA/sederajat yang dilaksanakan pada tanggal 31 Juli–4 Agustus 2023, segenap panitia dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan sosialisasi sekaligus menyebarkan poster ke sekolah-sekolah di Surabaya, mengajak siswa-siswi untuk dapat mengikuti lomba-lomba sastra. Selain dilakukan secara luring di wilayah Surabaya, panitia juga mengirimkan poster melalui sosial media dan surat elektronik ke sekolah-sekolah di luar Surabaya untuk turut serta. 

Ada banyak lomba yang bisa diikuti oleh para peserta, antara lain baca puisi, monolog, musikalisasi puisi, cipta puisi, dan resensi buku. Pada tahun ini, PESTRA mengalami pembaharuan dengan adanya lomba musikalisasi puisi, cipta puisi, dan resensi buku. 

 PESTRA juga menyajikan Malam Puncak yang akan menampilkan tari, musik, mahakarya, parade bahasa, pasar seni dan sastra, serta lain sebagainya dengan mengundang bintang tamu serta BSO Fakultas Ilmu Budaya sebagai bagian untuk memeriahkan perayaan ulang tahun Bahasa dan Sastra Indonesia dan Bulan Bahasa serta apresiasi sekaligus hiburan kepada peserta dan khalayak umum. 

source
https://unair.ac.id