Student from Sumenep Participates in 2023 Fast Track Program

Nadya Atika, salah satu mahasiswi peserta program Fast Track Magister Kajian Sastra dan Budaya 2023

Penulis : Lady Khairunnisa  | Editor: Ilma Arrafi Nafi’a

Fast track merupakan program dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga yang bertujuan untuk mempersingkat waktu studi sekaligus untuk menghemat biaya dalam kuliah S2. Program ini adalah kesempatan yang sangat menarik untuk dicoba karena akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menambah dan memperluas wawasan dengan waktu yang lebih cepat.

Adapun Nadya mengungkapkan bahwa syarat untuk mengikuti fast track sebenarnya mudah sehingga tidak terlalu memakan waktu untuk persiapannya. “Saat semester 5 saya sengaja mengambil KKN BBM untuk jaga-jaga jika ingin mengikuti fast track ke depannya, karena salah satu syarat mengikuti fast track yaitu telah menyelesaikan KKN BBM. Selain itu, saya hanya perlu mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan seperti surat rekomendasi.” Ungkapnya.

Adapun untuk seleksi wawancara, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. “Untuk wawancara, saya mempersiapkan diri dengan membaca ulang proposal skripsi saya dan memikirkan gambaran untuk tesis di S2 nantinya” Sambungnya.

Alasan Mahasiswi Angkatan 2020 ini mengikuti program KSB adalah karena tertarik dengan jurusan MKSB sendiri, alasan lainnya karena MKSB selaras dengan jurusannya di S1 yaitu Bahasa dan Sastra Indonesia, apalagi peminatan sastra.

Nadya juga mengungkapkan bahwa ia sangat senang dan bersyukur karena telah diberikan kesempatan untuk mengikuti program fast track ini. Sebagai mahasiswa fast track, Ia berharap dapat menjalani program fast track hingga tuntas, sehingga lebih siap lagi bersaing dalam dunia kerja.

Ia berpesan, kepada teman-teman yang hendak fast track untuk mempersiapkan diri jauh-jauh hari agar saat pendaftaran nanti hanya tinggal melengkapi berkasnya saja. “Semangat dan harus yakinkan diri kamu karena seleksi fast track tidak ribet dan semenyeramkan itu kok!” Pungkasnya.

Pencapaian ini turut mendukung FIB dalam mewujudkan SDGs Poin 4 yakni Quality Education.

source
https://unair.ac.id