1 week ago, Posted by: artsas02

Mengenal Kata Serapan di Indonesia

Indonesia ialah negeri kepulauan dengan keanekaragaman budaya serta bahasa yang unik. Begitu pula dengan keunikan yang dipunyai oleh Bahasa Indonesia. Walaupun dari bahasa Melayu, tetapi Bahasa Indonesia ialah bahasa terbuka, yang maksudnya banyak meresap perkata dari bahasa lain.

Banyaknya kata serapan yang ada dalam Bahasa Indonesia menaikkan kekayaan arti di dalam bahasa tersebut. Kata serapan dalam bahasa Indonesia ialah kata yang berasal dari bahasa wilayah ataupun bahasa asing ejaan, perkataan, serta tulisannya disesuaikan sedemikian rupa.

Bahasa Indonesia sudah meresap dari bermacam bahasa, baik dari bahasa wilayah ataupun bahasa asing. Sebagian contoh kata serapan yang berasal dari negeri asing semacam bahasa Sansekerta, Arab, Belanda, Cina, Hindi, Inggris, serta masih banyak lagi. Sebaliknya kata serapan yang berasal dari bahasa wilayah di antara lain Jawa, Sunda, Minang, serta yang lain.

Lalu, apa sesungguhnya yang diartikan dengan kata serapan?

Semacam yang telah dikenal, kata serapan ialah kata yang berasal dari bahasa asing yang sudah diintegrasikan ke wujud bahasa serta sudah diterima konsumsinya secara universal. Ada pula metode mengucapkannya dan penulisannya bisa disesuaikan dengan kaidah yang berlaku. Tidak hanya itu, proses penyerapannya dapat dicoba dengan terdapatnya sesuatu pergantian, tetapi pula bisa berbentuk penyesuaian yang diberikan berbentuk lafal ataupun ejaan.

Secara universal, guna kata serapan yakni memperkaya kosa kata serta membagikan pengetahuan lebih tentang bahasa asing kepada pemakai Bahasa Indonesia. Sedangkan itu, identitas kata serapan di antara lain memiliki arti tunggal, tidak mempunyai kata persamaan kata(sinonim) ataupun lawan kata(antonim) di dalam kalimat, serta maknanya tidak berganti.

Jenis- jenis Kata Serapan

Penyerapan suatu kata asing jadi kosa kata bahasa Indonesia wajib lewat sebagian proses. Paling tidak terdapat 3 tipe kata serapan bersumber pada proses penyerapannya, di antara lain selaku berikut:

Adopsi

Adopsi ialah proses penyerapan kosa kata asing yang mempunyai arti yang sama dalam bahasa Indonesia tanpa mengganti ejaan, pengucapan, serta penyusunan sama sekali. Sebagian contoh kata serapan dari bahasa Inggris yang hadapi proses adopsi semacam informasi, film, golf, internet, serta masih banyak lagi.

Adaptasi

Menyesuaikan diri ialah proses penyerapan kata asing yang digunakan sebab mempunyai arti sama dalam bahasa Indonesia tetapi kata tersebut sudah hadapi pergantian dalam ejaan, pengucapan, serta penulisannya cocok dengan kaidah bahasa Indonesia. Ada pula sebagian contoh kata serapan dari bahasa Inggris yang lewat proses ini merupakan bisnis yang diadaptasi dari kata business, aktor yang diadaptasi dari actor, serta masih banyak lagi.

Pungutan

Proses penyerapan kata asing dengan pungutan terjalin sebab pemakai mengambil konsep bawah yang terdapat pada bahasa asalnya. Setelah itu, kata tersebut dicari terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Sebagian contoh dari kata serapan pungutan dari bahasa Inggris di antara lain try out yang diserap dengan kata uji coba, unduh yang diserap dengan download serta yang lain. 

https://www.unair.ac.id


Post Views: 22


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved