3 months ago, Posted by: artsas02

Inilah Alasan Kenapa Orang Jawa Barat Tidak Berbahasa Jawa

Orang Jawa Barat terkadang menolak disebut orang Jawa, kenapa mereka tidak berbicara bahasa Jawa ? Meskipun kebanyakan orang berbahasa Sunda, bahasa Jawa digunakan sebagai bahasa sehari-hari di hampir seluruh wilayah Pulau Jawa.

Dalam linguistik, orang Jawa dan Sunda sebenarnya masih satu keluarga, Melayu Polinesia. Namun demikian, kedua cerita dan sistem penulisan Jawa ini sangat berbeda dari sudut pandang fonologis.

Orang Jawa yang tinggal di sebagian besar Pulau Jawa termasuk dalam kelompok etnis Jawa, sedangkan orang-orang Jawa Barat termasuk dalam kelompok etnis lain, Sunda. Lama tinggal di Jawa bagian barat yang dikenal dengan Tatar Pasundan.

Menurut Pires, orang Sunda selalu bersaing dengan orang Jawa dan sebaliknya. Dalam kehidupan sehari-hari, bagaimanapun, orang Jawa dan Sunda tidak terlalu dekat atau bersahabat, tetapi juga tidak bermusuhan.

Mereka peduli tentang diri mereka sendiri dan berdagang satu sama lain, tetapi ketika mereka bertemu di laut sebagai bajak laut, pihak yang siap menyerang lebih dulu. Sejarah penyebaran bahasa sunda bukanlah bahasa jawa, orang sunda berbicara dengan bahasanya sendiri. Penyebaran bahasa Sunda sangat dipengaruhi oleh peran politik kerajaan yang menguasai Tatar Pasundan.

Beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat, khususnya Breves dan Ciracap, dulunya berada di bawah kekuasaan Kerajaan Garu sehingga menggunakan bahasa Sunda.

Orang-orang Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah juga menggunakan bahasa Sunda pada abad ke-6 Masehi. Dikenal dari asal usul nama Dieng, berasal dari kata Sunda kuno 'Di Hyang'.

Penggunaan bahasa Sunda terus menyebar ke luar Jawa dengan migrasi dan imigrasi oleh orang Sunda setelah kemerdekaan. Berbeda dengan bahasa Jawa, bahasa Sunda tidak mengenal tingkatan kebahasaan atau tahapan kebahasaan, namun setelah Kerajaan Mataram Islam berkuasa di Jawa, bahasa Sunda mulai terpengaruh oleh budaya Jawa, khususnya di daerah Parahyangan, persawahan.

Bahasa Sunda mengenal tingkatan bahasa mulai dari tuturan halus, tutur roma atau lancar, dan tutur kasar.

Pada kenyataannya, sebagian besar masyarakat di Jawa Barat dan Banten menggunakan bahasa Sunda dalam kehidupan sehari-hari, namun ada beberapa daerah di Jawa Barat yang menggunakan bahasa Jawa. Walaupun bahasa Jawa yang digunakan tidak sama dengan di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Beberapa wilayah tersebut adalah Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Indramayu, Kota Cirebon, dan sebagian pesisir Pangandaran, Kuningan, Majalengka dan Subang.

www.unair.ac.id


Post Views: 109


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved