1 week ago, Posted by: artsas02

Mengetahui Sejarah Alat Musik Gong

Perlengkapan musik gong kerap dimainkan dalam suatu kegiatan seni serta kebudayaan. Tidak cuma itu, perlengkapan music gong pula kerap tampak dalam upacara adat resmi yang lain. Dalam musik gamelan, perlengkapan musik ini kerap terdengar serta jadi perlengkapan music aksesoris, sehingga musik yang dimainkan lebih lezat didengar.

Apa itu perlengkapan musik gong serta gimana sejarah singkatnya? berikut merupakan penjelasannya:

1.Penafsiran Perlengkapan Musik Gong

Gong ialah perlengkapan musik yang dimainkan dengan metode dipukul. Perlengkapan musik ini dibuat dari lempengan logam yang dibangun sedemikian rupa, dengan suatu tonjolon di tengahnya. Gong lumayan populer di Asia Teggara dan Asia Timur.

Perlengkapan musik gong tercantum perlengkapan musik tradisional serta orang Jawa kerap menyebutnya dengan Gong ataupun nama yang lain merupakan Agong.

2. Sejarah Gong

Keberadaan perlengkapan musik ini sempat terekam di Vietnam, pada 1930. Perihal tersebut dibuktikan dengan dengan ditemuinya aset memiliki berbentuk gong di wilayah pinggiran sungai Ma Yang, yang terdapat di provinsi Thanh Hoa, Vietnam Utara.

Tetapi, jauh saat sebelum itu, di Cina, gong ditemui dalam wujud lain pada 200 saat sebelum masehi. Pada dikala itu orang Cina telah banyak yang memainkan gendang perunggu.

Perlengkapan musik gong masuk ke Indonesia lewat sistem barter yang dicoba pada kurun waktu dini 500 masehi.

Sebab dijadikan selaku perlengkapan barter, gendang perunggu ini banyak ditemukan di sebagian kepulauan yang terdapat di Indonesia semacam Sumatera, Jawa- Bali, Sumbawa, Maluku dan NTT serta Papua Barat.

Warga Indonesia memakai Gong selaku bagian dari upacara keluarga, warga, kerajaan dan keagamaan.

Gong sering kali dikira selaku beda pusaka, harta, mas kawin serta lain- lain sehingga penggunaanya tidak sembarang.

3. Jenis- Jenis Gong

•Bonang Barung

Tipe perlengkapan musik gong ini tersebar diseluruh pulau Jawa serta Bali, serta perlengkapan musik gong ini sangat terkenal di tanah Sunda.

Metode memainkannya dengan metode dipukul pada bagian pencu ataupun pencon( benjolan), sehingga timbul bunyi yang khas.

Bonang Barung terdiri dari sebagian tipe, ialah:

-Panerus Bonang, ialah tipe gong yang memiliki nada sangat besar bila dibanding dengan bonang barung yang lain.

-Bonang yang memiliki suara 1 oktaf di dasar tipe panerus bonang, suara yang dihasilkan rendah.

-Penembung bonang ialah tipe dimensi yang sangat besar, namun suara yang dihasilkan malah sangat rendah dibanding yang yang lain.

•Pencon

Pencon dibagi dalam sebagian kelompok, antara lain:

-Bonang Barung

-Bonang Panerus

-Ketuk ataupun Kempyang

-Kenong

-Kenong pengkuk

-Kempul

Jenis- jenis perlengkapan musik tersebut mempunyai ciri tertentu semacam wujud serta suara yang dihasilkan pula berbeda.

•Kolintang

Kolintang ataupun gong mini ialah lapisan gong kecil serta disusun dalam barisan yang lumayan apik.

Suara yang dihasilkan dari perlengkapan musik ini pula berbeda, diawali dari suara rendah sampai suara yang besar.

Pada biasanya perlengkapan musik ini dimainkan dengan metode dipukul dengan memakai dorongan perlengkapan pemukul yang dibuat dari bahan kayu dengan susunan kain tebal.

Perlengkapan musik gong berupa bundar dengan bundar tabung yang terletak ditengahnya serta jadi karakteristik khas dari perlengkapan musik ini.

Permukaaan bulat inilah yang nantinya dipukul serta menciptakan suara yang cocok. Serta suara yang cocok ini dapat keluar bila lapisannya pula cocok, apabila kurag cocok, dapat dikerok lagi sampai tipis.

Demikian tadi pembahasan menimpa perlengkapan musik gong, mudah- mudahan menaikkan pengetahuan serta berguna untuk kita seluruh. 

https://www.unair.ac.id


Post Views: 14


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved