2 months ago, Posted by: artsas02

Asal Mula Bahasa Madura Mulai Dituturakan

Bahasa Madura merupakan bahasa wilayah( vernacular language) yang dipakai oleh orang Madura selaku perlengkapan buat berbicara, buat menampilkan bukti diri serta eksistensi selaku salah satu suku yang terdapat di nusantara ialah suku Madura. Para pakar bahasa serta para periset bahasa Madura yang sudah lama menekuni mengambil sesuatu kesimpulan yang berbeda- beda, antara lain; bahasa Madura tercantum bahasa- bahasa Melayu- Polynesia yang dipakai kurang lebih 15 juta( angka ditaksir) penduduk yang mendiami pulau Madura serta pulau pulau sekitarnya yang terletak di ujung timur pulau Madura dan wilayah pesisir utara pulau Jawa yang diucap wilayah tapal kuda dan oleh komunitas- komunitas orang Madura yang tersebar di segala nusantara.

Penutur bahasa Madura ialah yang paling banyak keempat dari 726 bahasa wilayah di Indonesia sehabis bahasa Indonesia, Jawa serta Sunda, paling banyak ketiga sehabis bahasa wilayah Jawa serta Sunda. Bagi Wurm serta Shiro Hattori( 1981), menyusunkan pemeringkatan bahasa wilayah di Indonesia bersumber pada jumlah penuturnya, yang menempati 1- 20 itu berturut- turut merupakan bahasa- bahasa Jawa, Sunda, Madura, Minangkabau, Bugis, Batak, Banjar, Bali, Aceh, Sasak, Lampung, Makassar, Rejang, Komering, Sadan, Manggarai, Minahasa, Dayak Ngaju, Gorontalo serta Bima.

Bahasa Madura yang tercantum bahasa Melayu- Polynesia itu terletak dalam kelompok yang lebih kecil lagi bergabung dengan bahasa- bahasa Jawa, Sunda, Bali serta Melayu, namun bagi Salzner dalam bukunya yang bertajuk Aprachenatlas des Indopazifischen Raumes( Wiesbaden, 1960), berkata kalau bahasa Madura itu sangat erat kaitannya dengan bahasa Jawa. Pula terdapat yang berkata kalau bahasa Madura itu berstruktur imbuhan yang serumpun dengan bahasa- bahasa kelompok Austronesia, bahasa itu mirip dengan bahasa Jawa, Sunda serta Bali( Steven, 1968: 1- 2).

Para pakar dari Barat semacam Peter W. Smidt serta J. L. A. Brandes mengadakan pembagian bahasa yang terdapat di Asia serta di Indonesia ialah bahasa Austrisch dibagi jadi; bahasa Austro- Asia, bahasa Tibeto serta bahasa Austronesia, yang mana dalam bahasa Austronesia ini bahasa Madura tercantum di dalamnya bergabung dengan bahasa Madagaskar, Formosa, Philipina, Jawa, Nusa Tenggara, maluku, Kalimantan, Sulawesi, Sunda serta bahasa Melayu di Malaka.

Bahasa Madura standar yang dipakai ataupun dikira yang terbaik merupakan dialek Madura bagian timur ialah Sumenep serta diajarkan disekolah tingkatan SD serta SLTP diseluruh Madura. Bahasa Madura semacam bahasa- bahasa wilayah lain pula tidak luput dari pengaruh bahasa asing perihal ini diakibatkan sebab bahasa selaku perlengkapan komunikasi, perlengkapan buat berpikir, perlengkapan buat mewujudkan hasil karya serta perlengkapan buat menampilkan bukti diri, hingga bahasa beserta faktor unsurnya bisa dievaluasi, diganti, diperbaiki, ditukar serta disesuaikan dengan pertumbuhan jaman, serta buat keperluan pemakainya, hingga legal saja buat memasukkan unsur- unsur bahasa asing, dalam perihal ini bahasa Madura sebab erat hubungannya dengan bahasa Jawa.

banyak kita jumpai persamaan- persamaannya( dalam tingkatan bahasaèngghi- bhunten) walaupun beda dalam pengucapannya, sehabis penulis mempelajari, bahasa Madura tidak luput dari pengaruh bahasa- bahasa asing antara lain; bahasa Arab dimana kebanyakan orang Madura merupakan muslim, bahasa Inggris, bahasa Belanda, bahasa Sansekerta, bahasa Portugis, bahasa Persia, bahasa Tamil serta lain- lain.

https://www.unair.ac.id


Post Views: 112


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved