3 months ago, Posted by: artsas02

Belajar Sejarah Indonesia sambil Rebahan

Kaum rebahan dikenal identik dengan kemalasan untuk melakukan aktivitas yang mengharuskan keluar banyak tenaga. Kaum rebahan biasanya memiliki hobi berupa rebahan, yaitu puisi telentang di atas kasur.

Namun tidak perlu khawatir rebahan bisa menjaga tenaga baik saat digunakan untuk menyaksikan hal berguna. Terutama dalam momentum 17 Agustus, kita bisa menikmati sejarah Indonesia sambil rebahan. Belajar sejarah sebagai refleksi mengingat perjuangan bangsa Indonesia. Betapa para pendahulu berjuang demi kemerdekaan Indonesia.Apa saja konten sejarah Indonesia yang dapat dinikmati sembari rebahan? Berikut rangkumannya.
Pertama, Webtoon Sejarah Kemerdekaan Indonesia. Nyatanya belajar sejarah juga bisa dari Web Toon, salah satunya adalah karya Ria Jati ini. Belajar sejarah Indonesia melalui Webtoon akan mempermudah pemahaman karena dilengkapi visual yang mendukung. Sembari rebahan kita dapat menikmati gambar yang apik, kita jadi tahu peristiwa Hiroshima Nagasaki, dramatisnya pembentukan BPUPKI, hingga Bung Karno yang teks membacakan Proklamasi dengan berapi-api. Sejak terbit tahun 2017, komik ini sudah dibaca 145 RB kali dan mendapat 2.890 love.

Kedua, Inspect History, sebuah kanal Youtube yang menyajikan sejarah dengan kemasan animasi. Salah satu video yang cukup menarik berjudul Kisah Tragis dan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia & Sejarah Indonesia Raya. Inspect history ini mengambil sudut pandang W.R. Supratman dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui karya seni. Lewat video animasi berdurasi 8 menit, kita jadi tahu bahwa 17 Agustus bukan hanya hari lahir Indonesia tetapi juga wafatnya pencipta lagu Indonesia Raya tersebut. Dimuat pada tahun 2020 lalu, video ini sudah meraih 90 ribu views.

Ketiga, video berjudul Jejak Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Historia.ID dan @gorilasport berhasil mengemas alur peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam video animasi berdurasi 5 menit. Dengan video ini kita tidak perlu lagi merasa kesulitan untuk tahu melemahnya Jepang sejak Perang Pasifik, sidang BPUPKI, PPKI, Rengasdengklok, hingga tersebarnya kabar Proklamasi Indonesia. Dari awal diunggah pada Youtube tahun 2019, video ini sudah ditonton 115 ribu kali.

Keempat, video berjudul ‘Merdeka atau Mati Pertempuran Besar Pertama Bangsa Indonesia’. Perjuangan para pahlawan di Surabaya pasca Proklamasi dikemas melalui alunan musik dan visualisasi yang dramatis. Penonton akan terbawa suasana berapi-api saat mendengar pidato Bung Tomo yang menyatakan: merdeka atau mati! Video ini berdurasi 7 menit, video animasi ini sudah ditonton 126 RB kali sejak 11 Agustus 2021 lalu.

Untuk yang berkeinginan belajar sejarah Indonesia yang komprehensif di sela waktu luang, bisa instal aplikasi Sejarah Indonesia di Play Store. Tampilan produk GoGolndo ini simpel dengan menu topik yang lengkap sehingga kita bisa pilih mana yang mau dibaca. Narasinya singkat dan bahasanya mengalir. Sejak dirilis pada tahun 2017, aplikasi ini sudah diunduh 50RB kali. 


Post Views: 62


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved