6 months ago, Posted by: artsas02

Karya-Karya Sastra Angkatan 80-90an

              Pada karya sastra angkatan 80-an kebanyakan karya sastra ditandai dengan banyaknya genre percintaan. Pada tahun-tahun ini sastrawan wanita yang menonjol saat itu ialah Marga T. Ada beberapa sastrawan yang menonjol pada tahun 80-an ini di antaranya adalah Nh. Dini, Remy Sylado, Seno Gumira Adji Darma, Noor Aini Cahya Khairani.  Pada tahun 80-an ini juga melahirkan sastra beraliran pop yang ditandai dengan lahirnya sejumlah novel populer dengan dipelopori oleh Hilma Hariwijaya denagn serial Lupus. Ada pula nama-nama yang terkenal muncul dari komunitas wanita penulis Indonesia yang dipimpin oleh La Rose, Diah Hadaninh, Oka Rusmini. Berikut beberapa karya pada tahun angkatan 80-an.

  1. Burung-Burung Manyar (YB Mangunwijaya)

Novel ini terbit pertama kali pada tahun 1981. Merupakan novel sejarah yang termuat pada tahun 1934-1978. Tema novel ini ialah nasionalisme dan mengangkat latar penjajahan Belanda, Jepang, perang kemerdekaan sampai orde baru. Cau Bau Kan

        2. (Remy Sylado)

Novel ini ditulis pertama kali pada tahun 1999 dan dijadikan sebuah layar lebar atau film. Cerita ini berlatar budaya Tionghoa dan mencakup zaman Kolonial Belanda.  Cau Bau Kan saat itu dianggap cukup Kontroversial.  

       3. Olenka (Budi Darma)

Olenka merupakan novel pertama yang ditulis oleh Budi Darma. Terbit pertama kali pada tahun 1983. Pada tahun 1983 novel ini berhasil memperoleh hadiah sastra Dewan Kesenian Jakarta.  


Post Views: 177


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved