11 months ago, Posted by: artsas02

Karya-Karya Sastra Angkatan Balai Pustaka

Beberapa periode sastra menghasilkan karakteristik karya sastra yang berbeda dari tiap-tiap periode.  Salah satunya adalah Angkatan Balai Pustaka. Angkatan Balai Pustaka merupakan karya sastra yang terbit tahun 1920-an yang dikeluarkan oleh penerbit Balai Pustaka.  Karya-karya ini menerbitkan berupa Prosa (roman, novel, cerpen dan drama) dan puisi menggantikan kedudukan seperti syair, pantun, gurindam dan hikayat.

            Balai Pustaka sendiri didirikan pada masa itu untuk  pencegahan pengaruh buruk dari bacaan cabul dan liar yang dihasilkan oleh sastra Melayu Rendah.  Berikut ulasan tiga karya sastra terbitan Balai Pustaka.

1. Azab dan Sengsara (Merari Siregar)

Novel ini terbit pada tahun 1920-an yang ditulis oleh Merari Siregar diterbitkan di Balai Pustaka. Mengisahkan sepasang kekasih Aminuddin dan Mariamin yang tidak diperbolehkan menikah dan menderita.  Berkisah tentang perjodohan dan adat istiadat setempat.

2. Sitti Nurbaya (Marah Rusli)

Sebuah novel Indonesia yang ditulis oleh Marah Rusli diterbitkan oleh Balai Pustaka. Sitti Nurbaya mengisahkan cinta remaja antara Samsulbahri dan Sitti Nurbaya. Bertema kasih tak sampai. SamsulBahri melanjutkan pendidikan ke Batavia dan Sitti Nurbaya dijodohkan oleh Datuk Meringgih yang kaya dan kasar. Topik utama cerita ini adalah berupa kasih tak sampai dan kawin paksa.

3. Salah Asuhan (Abdoel Moeis)

Novel ini ditulis oleh Abdoel Moeis dan diterbitkan oleh Balai Pustaka. Mengisahkan tentang pemberontakan dan persoalan termasuk antar bangsa maupun suku. Novel ini juga menggambarkan tentang budaya, ekonomi dan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

Nah berikut adalah hanya beberapa karya-karya sastra yang diterbitkan Balai Pustaka. Balai Pustaka sendiri adalah sebuah penerbitan buku yang saat itu sesuai untuk  bahan bacaan rakyat Indonesia. Karya-karya tersebut pun hingga kini masih terdapat dan ditemui di pasaran walaupun cukup sulit mencarinya. Bahkan seiring berkembangnya jaman karya tersebut sudah  terdapat buku digital yang dapat dinikmati oleh para millenials masa kini yang sudah terbiasa dengan gawai.

Sumber: Wikipedia.org


Post Views: 186


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved