1 year ago, Posted by: artsas02

Fungsi Sastra

            Sastra sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang berarti ‘teks yang mengandung instruksi’  atau ‘pedoman’. Dari kata ‘sas-‘ yang berarti ‘instruksi’ atau ‘ajaran’. Sastra sendiri memiliki dua jenis yaitu sastra tertulis dan sastra lisan. Sastra pun memiliki beberapa fungsi dasar.  Beberapa fungsi dasar tersebut akan diuraikan di bawah ini:

1. Fungsi Rekreatif

Rekreatif yang dimaksud adalah sebagai hiburan. Sastra adalah hiburan. Untuk beberapa orang membaca sebuah karya sastra dengan konflik dan kisah yang disajikan menjadi hiburan tersendiri bagi siapapun penikmat karya sastra tersebut. Untuk sesaat pembaca yang merasa menikmati karya tersebut akan melupakan masalah atau konflik yang ia punya di dunia nyata. Maka dari itu fungsi rekreatif atau hiburan.

 2. Fungsi Didaktif

Sebagai fungsi didaktif yaitu karya sastra adalah membahas tentang berbagai aspek kehidupan yang bisa membuat pembacanya merasakan hal-hal yang sulit dirasakannya secara nyata. Contohnya, seseorang menjadi tahu sejarah Indonesia berkat membaca karya-karya sastra yang berbau sejarah Indonesia.

3. Fungsi Estetis

Kemudian fungsi estetis yaitu keindahan. Setiap karya sastra memiliki kata-kata atau gaya bahasa yang dirasa indah dan tidak harus rumit atau sulit dimengerti. Calon penulis karya sastra harus memampu mengartikan keindahan apa yang dimaksud itu.

4. Fungsi Moralitas

Setiap karya sastra yang baik selalu mengandung pesan dan moral yang tinggi. Beberapa karya sastra seprti Tanah Air Muhammad Yamin terdapat sarat moral akan kemerdekaan.

5. Fungsi Religius

Tentu aspek agama harusnya terdapat dalam sebuah karya sastra. Karya sastra merupakan hasil dari budaya masyarakat. berarti,  masyarakat yang beragama sudah seharusnya dapat menyusun karya sastra yang memberikan perspektifnya tentang agama.

Beberapa karya sastra Indonesia tentunya memiliki ke lima fungsi dasar tersebut untuk dijadikan sebagai pembelajaran maupun manfaat bagi setiap siapapun penikmat sastra.

Sumber : Wikipedia.org, sastranesia.com.

 

 


Post Views: 170


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved