2 weeks ago, Posted by: ragamsas50

Gurindam

                 Apa yang kalian ketahui  tentang karya sastra lama? Puisi lama? Tentu saja puisi lama telah banyak tak diketahui masyarakat saat ini. terlebih lagi para millenials. Biasanya kita hanya dikenalkan sekilas tentang pengertian gurindam pada masa sekolah dasar atau menengah pertama lewat pelajaran bahasa Indonesia.

                Mari mengenal lebih jauh soal gurindam. Gurindam adalah sebuah bentuk puisi lama yang terdiri dari dua bait, dimana tiap bait tersebut memiliki dua baris kalimat dengan rima yang sama. Gurindam pun memiliki dua macam yaitu gurindam berkait dan berangka. Gurindam berkait adalah bentuk gurindam yang bait pertamanya berkaitan dengan bait selanjutnya dan pada bait seterusnya. Sedangkat gurindam serangkai adalah bentuk gurindam yang mempunyai kata yang sama pada setiap baris pertama baitnya.

                Tak lengkap rasanya jika tidak mengetahui ciri-ciri dari salah satu puisi lama berikut. Gurindam memiliki ciri-ciri yang kurang lebih sudah kita ketahui sebelumnya yaitu memiliki dua baris pada setiap baitnya, setiap barisnya memiliki jumlah kata 10-14 kata, mempunyai sajak atau rima A-A, B-B, C-C,  maksud atau arti gurindam berada di baris kedua dan isi gurindam biasanya lebih kepada kata-kata mutiara atau filosofi dan nasehat-nasehat.  Ada pula pengarang gurindam yang terkenal yaitu yang dikenal sebagai Raja Ali Haji yaitu sepupu Raja Ali yang menjadi raja muda di Riau pada tahun 1844-1857. Beliau memiliki karya sebuah gurindam yang berjudul “Gurindam dua belas”

Berikut beberapa contoh gurindam :

Barang siapa tiada memehang agama,

Sekali-kali tiada boleh dibilangkan nama.

Barang siapa mengenal empat.

Maka ia itulah orang yang ma’rifat.

Gendang gendut tali kecapi

Kenyang perut senang hati

 

Ragam sastra klik disini.

 

Sumber ; gurupendidikan.co.id


Post Views: 20


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved