2 weeks ago, Posted by: ragamsas50

Kakawin Kresnayana

               Kakawin adalah sebuah karya sastra jaman kuno yang berbentuk syair dalam bahasa Jawa Kuno dengan metrum yang berasal dari India. Ada beberapa kakawin yang terdapat di seluruh Indonesia dan ditulis oleh tokoh-tokoh kerajaan.  Biasanya kakawin memiliki beberapa pupuh dan menceritakan kisah yang masih berhubungan dengan cerita kerajaan. Salah satu kakawin ialah kakawin Kresnayana.

                Kresnayana merupakan sebuah kakawin yang ditulis oleh Mpu Triguna pada kala prabu Warsajaya yang memerintah Kediri pada tahun 1104 Masehi. Kresnayana yang berarti perjalanan Kresna. Kakawin Kresnayana merupakan karya sastra Jawa Kuno yang menceritakan kisah pernikahan prabu kresna dan penculikan calonnya Rukmini.

                Dalam cerita kakawin ini menceritakan Dewi Rukmini dijodohkan dengan Suniti. Raja negerei cedi. Tetapi dalam ceritanya ibu Dewi Rukmini lebih menyukai putrinya menikah dengan kresna. Maka, dalam ceritanya Kresna diperintah oleh ibu Dewi Rukmini untuk datang di Kundina secara cepat d an melarikan diri alias menculik Dewi Rukmini.

                Lalu mereka dikejar oleh Suniti, Jarasanda dan Rukma (Adik Rukmini) serta bala tentara mereka. Kresna pun berhasil hampir membunuh semuanya kecuali Rukma yang dicegah oleh Rukmini. Kemudian mereka pergi ke Dwarawati untuk melangsungkan pernikahan.

                Nah sepenggal tentang kakawin Kresnayana. Tak ada salahnya mengeal tentang kakawin-kakawin seperti ini. Dengan mengenal kita dapat mengetahui kisah atau cerita-cerita dibalik kakawin tersebut sebagai upaya pengenalan sastra jawa juga. Baca juga.

               

Sumber : ilmuseni.com, Wikipedia.org, ilmuhamster.blogspot.com

 


Post Views: 20


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved