1 year ago, Posted by: artsas02

Apa Saja Ragam Sastra Itu?

Ilmu sastra memiliki beberapa genre di antaranya adalah puisi, prosa dan drama. Artikel kali ini membahas bagaimana pendefisian singkat ketiga ragam sastra tersebut.

Puisi

                Sebenarnya, puisi tidak memiliki definisi yang pakem. Untuk puisi lama, masih menggunakan kaidah-kaidah tertentu tetapi zaman terus berkembang begitupula dengan pendefinisian puisi tersebut. Saat ini puisi tak dibatasi hal tersebut sebuah bentuk karya sastra bebas berbentuk liris maupun naratif tak harus memiliki unsur sesuai definisi puisi tersebut. Puisi tak harus berbentuk rima. Sebuah lagu pun dapat dikatakan sebagai puisi.

Prosa

                Prosa, adalah bentuk karya sastra naratif yang tak memiliki aturan tertentu seperti puisi lama. Prosa berhubungan unsur intrinsik dan ekstrinsik layaknya tema, alur, penokohan, latar, sudut pandang dan lain sebagainya. Bahkan kita akan mengenal istilah sjuzet dan fabula saat memmpelajari telaah prosa.

Drama

                Salah satu bentuk genre sastra yang menggunakan bahasa bebas dan panjang berbentuk dialog maupun monolog. Drama biasanya selalu menghasilkan bentuk pementasan.

Nah beberapa tersebut hal dasar mengenai ragam sastra. Sastra tak hanya karya fiksi. Karya sastra kadang diciptakan pengarang melalui kondisi sosial saat itu yang dapat dijadikan sebagai kritik melalui media sastra. Baca mengenai literasi.

Sumber : seri-bahasa-indonesia.blogspot.com


Post Views: 180


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved