1 year ago, Posted by: artsas02

Mengenal Sastra Anak

            Kategori sastra tak hanya kategori bacaan sastra bertema sosial, dewasa maupun kritik permasalahan sosial. Sastra juga menyangkut tentang anak. Jenis sastra ini ialah sastra anak. Sastra anak biasanya berhubungan dengan bacaan anak-anak. Sastra anak adalah hasil kreasi imajinatif yang mampu membuat dunia rekaan menghadirkan pemahaman dan pengalaman keindahan tertentu.

                Berbagai jenis sastra anak yang sering kita temui ialah dongeng, cerita rakyat, cerita fiksi yang semuanya bertema lingkungan, keluarga, pertemanan, budi pekerti dan lain sebagainya yang mencerminkan dunia anak dan dihubungkan dengan pesan-pesan moral tertentu.

                Adapula jenis bacaan anak dapat berupa buku cerita, cerita bergambar tanpa kata, media atau ilustrasi, fable, cerita rakyat, dongeng dan lain sebagainya. Anak-anak biasanya menyukai cerita-cerita dengan ilustrasi sehingga lebih menarik untuk dibaca.

                Cerita-cerita tersebut pun pasti memiliki amanat yang kuat bagi anak-anak, maka dari itu manfaat sastra anak juga tak kalah penting. Di antaranya adalah membantu anak lebih menyukai literasi dan latihan membaca. Pengaruh globalisasi saat ini membuat kita bahkan anak-anak mulai terbiasa membuka gawai dibanding dengan buku bacaan. Walaupun sebenarnya gawai dan internet juga merupakan aspek pendidkan anak jaman sekarang yang baik, tapi efek yang ditimbulkan gawai sangat kuat selain akan menjadi candu, layar gawai pun tak sehat untuk mata anak-anak.  Maka dari itu meningkatkan minat literasi sejak dini lewat sastra anak sangat penting.

                Kedua, pesan-pesan moral yang terdapat pada cerita-cerita anak memberikan pelajaran tersendiri bagi mereka. Dikemas dengan ilustrasi dan cerita yang menarik, anak tidak akan bosan dengan cerita yang memiliki pesan-pesan penting di dalamnya. Tanpa sadar, pendidikan karakter maupun etika dapat dipelajari melalui sastra anak.

                Sekilas tentang sastra anak, apa saat masa kecil kamu juga diberikan buku-buku cerita yang menarik?

Sumber: Novi Resmini, UPI

               


Post Views: 190


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved