1 year ago, Posted by: artsas02

Belajar Sastra Indonesia, Tidak Melulu Soal Puisi

            Kita telah tahu ada berbagai disiplin ilmu di dunia ini dari eksakta, sosial maupun humaniora. Salah satu bidang humaniora yang kita tahu biasanya meliputi bidang bahasa, sastra, sejarah dan budaya. Belajar di dalam ilmu-ilmu tersebut melibatkan kita pada aspek sosial melalui sudut pandang sastra. Sastra Indonesia salah satunya.

            Belajar sastra Indonesia tentunya selalu dikaitkan dalam berbagai genre sastra antara lain puisi, prosa dan drama. Tetapi, kenyataannya belajar sastra Indonesia atau sastra Inggris, Jepang dan lain sebagainya tak melulu pada tiga genre tersebut.

Sastra dan Film  

            Banyak film yang bermunculan yang diangkat dari sebuah karya sastra. Nah, film-film yang diangkat dari sebuah karya sastra ini pun dapat dikaji dalam perspektif teori sastra  atau intrepretasi sosial dari kita yang akan menganalisi karya tersebut.  Baca ini juga

Bahasa Asing

            Walaupun dibilang Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang tapi para pelajar sastra tak hanya melulu belajar bahasa yang sesuai dengan namanya. Misal sastra Indonesia, belajar bahasa Indonesia saja. Tidak sama sekali, berbagai bahasa asing pun dipelajari dan masuk dalam kategori wajib mahasiswa sastra. Bahasa asing tersebut biasanya seperti bahasa Arab, Jepang, Melayu, Prancis, sampai Sansekerta dan Jawa kuno. 

Sosial dan Budaya

            Budaya menjadi salah satu ilmu yang wajib ada dalam belajar sastra. Sebuah karya sastra tentunya tak melulu tentang sebuah imaji dan fiksi pengarang. Karya sastra biasanya diangkat dari sebuah problematika sosial dan budaya di kehidupan masyarakat sekitar. Maka dari itu sastra tak dapat dilepaskan dari fenomena budaya dan sosial.

            Nah itu tadi beberapa aspek belajar sastra yang tidak melulu belajar sebuah cerita fiksi saja melainkan hal baru yang pasti berhubungan dengan kehidupan sosial dan budaya masyarakat. Menarik kan belajar sastra.

sumber : tesbakatindonesia.com


Post Views: 185


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved