6 days ago, Posted by: ragamsas50

3 Tembang Jawa Yang Cukup Dikenal Para Millenials

Budaya jawa memiliki beragam jenis kesenian contohnya adalah sebuah tembang. Tembang adalah sebuah syair atau lagu. Sedangkan tembang Jawa adalah syair atau lagu yang menggunakan bahasa Jawa. Akhir – akhir ini kita mulai populer kembali dengan tembang Jawa modern yang dinyanyikan Didi Kempot. Sebelumnya, tembang-tembang Jawa berikut sebenarnya masih sangat familiar dan populer di kalangan millenials yang biasanya lebih senang mendengarkan lagu-lagu pop modern.

Tembang Lir-Ilir

                Tembang atau syair lagu satu ini memang cukup populer sampai sekarang. Khususnya di tanah Jawa tembang ini menjadi penyejuk dan mempunyai makna religius yang dalam. Tembang yang diciptakan oleh sala satu wali sanga yaitu Sunan Giri ini pun masih digunakan sebagai media penyebar dakwah hingga kini.

Suwe Ora Jamu

                Tembang Jawa satu ini masing familiar di lingkungan kita. Suwe Ora jamu sendiri memiliki makna bahwa dimana dua orang yang tlah lama tak bertemu dan waktu bertemu sungguh mengecewakan. Suwe ora jamu dinyanyikan dengan nada riang dan ringan.

Tombo Ati

            Millenials biasanya tak asing lagi dengan tembang satu ini. tembang yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yang dinyanyikan Opick ini memiliki makna religius juga. bersifat kalem dan menyejukkan.

            Nah beberapa tadi tembang jawa yang biasanya cukup populer di kalangan millenials. Banyak pesan-pesan yang disampaikan sebenarnya lewat tembang-tembang tersebut. Budaya Jawa salah satunya lewat kesenian ini patut dilestarikan. Baca juga disini.

 


Post Views: 8


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved