1 week ago, Posted by: ragamsas50

Memakai Batik, Tidak Harus Dituntut Dulu Oleh Instansi

Indonesia mempunyai banyak sekali beragam corak kebudayaan. Mulai dari rumah adat, alat musik, busana dan masih banyak lainnya. Batik? Siapa yang tak tahu Batik. Batik adalah salah satu hasil dari budaya Indonesia berupa kain yang memiliki bermacam-macam motif yang sering kali juga tergantung pada masing-masing asal daerah yang memproduksinya.

            Batik pun sudah ditetapkan UNESCO menjadi salah satu warisan budaya dunia dari Indonesia. Cara dan membuat Batik pun terbilang unik. Biasanya batik dikerjakan para ibu-ibu di asal daerah masing-masing dengan perlengkapan dan alat sebagai berikut. Kain mori, sutra atau katun sebagai media membatiknya. Lalu perlengkapan dan bahan lain seperti canting, lilin, gawangan, panci dan kompor kecil, dan larutan pewarna sesuai warna masing-masing.

            Bahan dan perlengkapan tersebutlah yang mendukung dalam pembuatan Batik. Tak jarang Batik memiliki harga yang cukup tinggi karena estetika yang dimiliki kain tersebut. Walaupun ada juga terdapat Batik cetak yang memiliki harga cukup rendah dari Batik asli canting. Bagi warga Indonesia, Batik sudah dimodifikasi menjadi busana-busana yang cantik an elok. Tak hanya sebagai jarik/sewek atau sebuah kain bermotif biasa.

            Sebuah modifikasi batik menjadi busana yang bagus membuat rata-rata masyarakat selalu mempunyai baju batik. Tetapi tahu tidak? walaupun hampir seluruh masyarakat Indonesia mempunyai batik, tapi dalam penggunaannya Batik justru jarang sekali untuk digunakan kecuali pada acara-acara formal seperti pesta pernikahan, perayaan tertentu atau rapat, bahkan hanya digunakan ketika kewajiban sebuah instansi untuk mewajibkan mahasiwa atau karyawannya yang pada hari tertentu harus menggunakan busana Batik.

            Seharusnya warisan budaya Indonesia seperti ini tak hanya digunakan pada acara-acara formal atau sebuah perayaan bahkan sebuah tuntutan instansi yang mau tidak mau memakai Batik. Karena Batik sudah menjadi sebuah identitas masyarakat Indonesia seharusnya kita sebagai masyarakat sadar diri tak hanya sekadar membanggakan dan formalitas pemakaian karena dituntut tetapi juga sebagai warisan budaya yang sangat perlu dilestarikan dan dijaga dengan tak malasnya menggunakan batik tak hanya pada acara formal atau sebuah tuntutan. Seperti pada busana bermain atau sekadar hang out, Batik masih terbilang cocok pada apapun situasinya. Batik sudah menjadi identitas Indonesia. Terbukti pada artikel berikut, Batik menjadi sebuah identitas Indonesia dan mendunia yang patut dijaga yang menjadi sebuh perhatian khalayak dunia.

           


Post Views: 9


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved